Saham Apa yang Cuan di Tahun Kerbau Logam? Ini Jawabannya

Soraya Novika - detikFinance
Kamis, 28 Jan 2021 12:14 WIB
Saham PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) melejit pada perdagangan Selasa (5/1/2021) gegara Raffi Ahmad dan Ari Lasso mempromosikannya.
Foto: Grandyos Zafna

Sebaliknya, air memadamkan api, api melelehkan logam, membuatnya lemah, logam bisa memotong kayu, dan kayu mengatasi tanah saat akar tumbuh ke dalam tanah, dan bumi mengatasi air.

1. Elemen Kayu

Elemen ini meliputi sektor environmental, social, and governance (ESG), consumer, dan healthcare. Untuk ketiga sektor saham itu, akan merangkak naik di awal tahun bulan Februari dan semakin menukik di bulan Maret. Kemudian, di bulan berikutnya April dan Mei lebih landai, dan kemungkinan naik lagi di bulan Juni-Agustus. Namun, mulai September sampai Januari 2022 grafiknya melandai.

2. Api

Elemen ini meliputi sektor telcos atau internet, teknologi, dan utilities. Untuk ketiga sektor saham itu diproyeksi melandai dari Februari-April. Akan tetapi, pada Mei-Juni grafiknya sedikit naik, lalu melandai lagi di bulan Juli. Puncak buat ketiga sektor itu terjadi di bulan Agustus-September. Sisanya, sampai Januari 2022 turun lagi cenderung melandai.

3. Bumi

Elemen ini meliputi sektor saham properti, material dan China Realty Research. Untuk ketiga sektor saham itu diproyeksi fluktuatif. Awalnya, pada Februari-Maret ketiga sektor ini akan melandai. Namun, selama bulan April sedikit naik namun pada Mei-Juni kembali melandai. Juli naik namun Agustus-September kembali melandai.

Oktober menjadi waktu paling menguntungkan bagi ketiga sektor tersebut. Perlahan menurun di November, dan jatuh di Desember. Akan tetapi akhirnya, memasuki Januari 2022 berhasil merangkak naik sedikit meski tak setinggi bulan Oktober dan November.

4. Logam

Elemen ini meliputi sektor keuangan, baterai dan makroekonomi. Awal tahun dari Februari-Maret, akan cukup menguntungkan bagi ketiga sektor tersebut. Akan tetapi mulai dari April-Juli grafiknya menurun dan landai. Mulai merangkak naik lagi dari Agustus-September dan turun lagi di Oktober-November. Namun, akhirnya menukik naik di Desember dan Januari 2022.

5. Air

Elemen ini meliputi sektor casinos, hotel dan leisure. Pada awal tahun dari Februari-Maret, ketiga sektor ini cukup landai. Akan tetapi keuntungan datang di bulan April-Mei. Namun, mulai bulan Juni-Oktober grafiknya menurun dan cenderung landai. Mulai merangkak naik lagi bulan November dan puncaknya di bulan Desember. Sedangkan memasuki Januari 2022 grafiknya turun lagi.


(ara/ara)