Ogah Kasus GameStop Berulang, Bandar Ikut Pantau Reddit

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 04 Feb 2021 11:40 WIB
Heboh Saham GameStop: Perang Tanding David Lawan Goliath di Lantai Bursa Wall Street
Foto: DW (News)
Jakarta -

Para perusahaan hedge fund, bankir investasi, dan investor institusional dan para 'bandar' lainnya mulai was-was kejadian GameStop akan berulang. Mereka kini mulai waspada dan mulai memantau pembicaraan saham di Reddit.

Salah satu perusahaan teknologi Thinknum Alternative Data dengan cepat membangun dan meluncurkan alat yang memberikan data kepada para bandar soal saham apa saja yang banyak dibicarakan di Reddit. Khususnya di forum subreddit WallStreetBets.

Dilansir CNN, Kamis (4/2/2021), alat ini memberi investor cara untuk menghindari posisi short mereka meledak dan opsi untuk bertaruh bersama-sama dengan apa yang akan diinvestasikan oleh investor ritel.

Penawaran baru Thinknum menunjukkan seberapa cepat Wall Street beradaptasi dengan fenomena baru ini dan akan segera mempertahankan kendali mereka di pasar. Bahkan ketika para investor di Reddit percaya bahwa mereka telah mendapatkan keunggulan dalam aksinya.

"Semua orang berkata, saya perlu melacak Reddit. Ini menjadi salah satu pendorong terpenting dari pergerakan pasar," kata Presiden Thinknum, Justin Zhen.

Sebagai contoh, hingga Selasa malam, saham-saham yang disebutkan teratas di Thinknum adalah GameStop, AMC dan BlackBerry (BB). Saham-saham itu merupakan yang paling banyak dibicarakan di Reddit.

Alat baru Thinknum memberi hedge fund dan investor canggih lainnya pandangan tentang apa yang paling sering dibicarakan dalam forum saham di Reddit.

Meski begitu, tentu saja membuat keputusan investasi hanya berdasarkan apa yang disebutkan di Reddit adalah hal berisiko. Data yang disediakan Thinknum tidak serta merta mengonfirmasi bahwa saham yang disebut-sebut benar-benar dibeli.

Zhen sendiri mengatakan alat yang dibuatnya digunakan hanya untuk melacak berapa banyak sebutan saham yang didapat di Reddit.

"Anda tidak perlu tahu siapa mereka dan apakah mereka menyukai saham atau tidak. Hal utama adalah mengetahui bahwa orang-orang membicarakan tentang saham," kata Zhen.

(hal/ara)