Perusahaan Perdagangan Bitcoin cs Ini Mau IPO

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 26 Feb 2021 09:35 WIB
Pengunjung berada di sekitar layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Kamis (13/2). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini pukul 12.00 menurun-0,67% ke posisi 5,873,30. Pergerakan IHSG ini masih dipengaruhi oleh sentimen atas ketakutan pasar akan penyebaran wabah virus corona.
Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Reli dari bitcoin mendorong pasar cryptocurrency melonjak. Perusahaan perdagangan kripto, Coinbase telah resmi mengajukan Initial Public Offering (IPO) atau penawaran saham tahun ini. Rencana itu telah perusahaan umumkan sejak Desember 2020.

Dikutip dari CNN, Jumat (26/2/2021) Coinbase sendiri didirikan pada 2012. Perusahaan itu pengguna membeli, menjual, dan menyimpan cryptocurrency seperti bitcoin dan ethereum. Selain Coinbase, pialang digital lain Coinmama, CEX.IO dan Gemini juga berencana go public.

Perusahaan tersebut berencana mencatatkan sahamnya di bursa Nasdaq di bawah simbol ticker "COIN." Lebih dari 43 juta investor di lebih dari 100 negara menggunakan Coinbase, terhitung US$ 455 miliar dalam perdagangan dan US$ 90 miliar aset di platform, menurut situs web perusahaan.

Kini minat terhadap bitcoin dan mata uang kripto lainnya telah melonjak selama pandemi COVID-19, dan beberapa investor berbondong-bondong untuk berinvestasi dalam mata uang digital karena dolar AS melemah.

Jumlah total perdagangan bitcoin secara kolektif bernilai lebih dari US$ 1 triliun pada pekan lalu setelah harga per koin melonjak menjadi hampir US$ 60.000. Namun, kini harganya anjlok menjadi US$ 51.000.

Tesla (TSLA), Mastercard (MA), Bank of New York Mellon dan beberapa perusahaan arus utama lainnya telah melakukan investasi signifikan dalam bitcoin di beberapa bulan terakhir ini.

Hingga saat ini bitcoin dan cryptocurrency lainnya tetap sangat tidak stabil. Misalnya, CEO Tesla Elon Musk kembali men-tweet foto maskot uang digital, dogecoin. Hanya dengan cuitan Musk harga dogecoin melonjak 10% dalam 30 menit.

Simak Video: Membaca Dampak yang Timbul Usai Elon Musk Investasi ke Bitcoin

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)