Garuda Kembalikan Pesawat ke Lessor, Kode Registrasi Berubah

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 07 Jun 2021 15:35 WIB
Penumpang garuda  menikmati penerbangan dari jakarta menuju Heathrow Londondi Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Kamis (31/3/2016). Garuda Indonesia meresmikan layanan penerbangan langsung ke Bandara Heathrow, London. Hal ini dilakukan sebagai upaya ekspansi bisnis dan sekaligus bentuk Nation Branding. Hasan Alhabshy/detikcom
Ilustrasi/Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta -

Garuda Indonesia mengembalikan armadanya kepada pihak lessor pesawat lebih awal dari jatuh tempo masa sewanya. Ada dua armada yang dikembalikan yakni B737-800 NG.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyampaikan kebijakan diambil sesuai keputusan dari perusahaan dan pihak lessor pesawat. Adapun salah satu syarat pengembalian pesawat adalah dengan melakukan perubahan kode registrasi pesawat terkait.

Dia juga mengungkap percepatan pengembalian pesawat merupakan bagian Garuda Indonesia dalam mengoptimalisasikan produktivitas di tengah tekanan pandemi COVID-19.

"Hal ini merupakan langkah penting yang perlu kami lakukan di tengah tekanan kinerja usaha imbas pandemi COVID-19 dimana fokus utama kami adalah penyesuaian terhadap proyeksi kebutuhan pasar di era kenormalan baru," katanya, dalam keterangan Senin (7/6/2021).

Lebih lanjut Irfan mengatakan Garuda Indonesia juga tengah berkomunikasi dengan lessor lainnya dalam berencana mengembalikan armada lainnya.

"Saat ini, kami juga terus menjalin komunikasi bersama lessor pesawat lainnya, tentunya dengan mengedepankan aspek legalitas dan compliance yang berlaku", tutup Irfan.

(ara/ara)