Dear Investor, Begini Cara Tebus Right Issue Jumbo BRI

Alfi Kholisdinuka - detikFinance
Kamis, 02 Sep 2021 08:30 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) anjlok 5% ke level 4.891. Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sementara perdagangan saham siang ini.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) telah memulai perhelatan right issue terbesar sepanjang sejarah pasar modal di Indonesia. Adapun harga pelaksanaan right issue tersebut dipatok sebesar Rp 3.400 per saham dengan rasio 100:23.

Berdasarkan prospektus yang diterbitkan, perseroan menawarkan sebanyak-banyaknya 28.213.191.604 saham baru seri B dengan nilai nominal Rp 50 setiap saham. Setiap pemegang saham perseroan yang namanya tercatat pada tanggal 9 September 2021 pukul 16.00 WIB itu berhak mengikuti right issue ini.

Lantas bagaimana cara menebus right issue ini? Pada dasarnya saham right issue bisa ditebus di tempat investor membeli sahamnya dengan masuk ke platform atau aplikasi jual-beli saham yang disediakan sekuritas.

Sebagai contoh, bagi investor pengguna BRI Danareksa Sekuritas bisa menebus right issue secara online dengan mengikuti beberapa langkah sebagai berikut seperti dikutip dari Instagram @bridanareksa:

1. Kunjungi rightsbri.danareksaonline.com yang mulai dapat diakses pada tanggal 13 September 2021 pukul 09.00 WIB.

2. Kemudian masukkan user ID dan password D'ONE yang investor miliki.

3. Lalu masukkan CAPTCHA test melalui input symbols dan klik login.

4. Setelah login, investor akan masuk ke halaman utama yang berisi informasi jumlah right yang dimiliki beserta cash available yang dapat digunakan untuk melakukan penebusan right.

5. Pelaksanaan penebusan right dapat dilakukan selama trade date dan trade time yang tertera pada halaman utama yakni tanggal 13 September-22 September 2021.

6. Hasil saham dari penebusan right yang dilakukan pada sesi 1 yaitu dari pukul 09.00 hingga pukul 11.30 WIB akan masuk pada portofolio 2 hari bursa setelah pengajuan.

7. Sementara jika penebusan dilakukan pada sesi 2 yaitu pada pukul 11.31 hingga pukul 15.00 WIb, maka hasil saham penebusan right akan masuk pada portofolio 3 bursa setelah pengajuan.

8. Silahkan jumlah lembar right yang ingin ditebus, pastikan tidak melebih quantity available per share.

9. Pastikan investor sudah membaca syarat dan ketentuan yang berlaku, lalu klik sebagai tanda persetujuan dan klik kirim.

10. Pengajuan penebusan right BBRI pun berhasil. Silakan melakukan pengecekan atas pengajuan yang telah diajukan dengan meng-klik 'Daftar Pengajuan Exercise'.

Sebagai catatan, pastikan cash available investor cukup melakukan penebusan right. Investor juga dapat melakukan penebusan right lebih dari satu kali selama right yang dimiliki masih tersedia, dana masih mencukupi dan selama masa trading period.

Sebagai informasi, jumlah dana dan hasil inbreng yang akan diterima perseroan dalam PMHMETD I ini sebanyak-banyaknya sebesar Rp 95.924.851.453.600. Saham baru yang ditawarkan dalam rangka PMHMETD I dengan menerbitkan HMETD ini seluruhnya adalah saham baru yang akan dikeluarkan dari portepel Perseroan.

Dana hasil dari aksi korporasi ini akan dimanfaatkan oleh BRI untuk pembentukan Holding Ultra Mikro yang dilakukan melalui penyertaan saham BRI dalam Pegadaian dan PNM, sebagai hasil dari inbreng Pemerintah. Selebihnya akan digunakan sebagai modal kerja BRI dalam rangka pengembangan ekosistem Ultra Mikro, serta bisnis Mikro dan Kecil.



Simak Video "2 Juta Data Nasabah BRI Life Bocor, Pembahasan RUU PDP Masih Deadlock!"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)