Xi Jinping Mau Bikin Bursa Saham Baru di Beijing, Buat Apa ya?

ADVERTISEMENT

Xi Jinping Mau Bikin Bursa Saham Baru di Beijing, Buat Apa ya?

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 07 Sep 2021 09:41 WIB
Presiden Xi Jinping Hentikan IPO Ant Group Milik Jack Ma
Presiden China Xi Jinping/Foto: DW (News)

Langkah ini dilakukan China ketika tindakan keras pemerintah terhadap perusahaan swasta besar semakin intensif. China telah berusaha selama hampir satu tahun untuk mengendalikan kekuatan dan pengaruh bisnis swasta besar.

Komisi Regulasi Sekuritas China (CSRC), regulator sekuritas utama negara itu, menjelaskan bahwa bursa saham Beijing yang baru akan dibangun di atas NEEQ. CSRC mengatakan bahwa untuk permulaan hanya perusahaan terpilih dari NEEQ dapat memenuhi syarat untuk terdaftar di bursa Beijing.

CSRC juga mengatakan bahwa bursa Beijing akan melengkapi bursa saham Shanghai dan Shenzhen dan fokus untuk melayani usaha kecil dan menengah yang inovatif.

Sebagai informasi, NEEQ (National Equities Exchange And Quotations) merupakan sistem over-the-counter China untuk memperdagangkan saham perusahaan terbatas publik yang tidak terdaftar di bursa saham Shenzhen atau Shanghai, dan secara luas dikenal sebagai 'Dewan Ketiga Baru' di China. Namun, NEEQ telah tertinggal di belakang pasar Shanghai dan Shenzhen dalam beberapa tahun terakhir, membuatnya menyusut dalam ukuran dan likuiditas.



Simak Video "China Perketat Keamanan Usai Protes Lockdown Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]

(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT