Anak Usaha Telkom Mitratel Sebentar Lagi Mau IPO, Ini Bocorannya

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 06 Okt 2021 17:18 WIB
Saham PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) melejit pada perdagangan Selasa (5/1/2021) gegara Raffi Ahmad dan Ari Lasso mempromosikannya.
Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero), PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) berencana melakukan initial public offering (IPO) pada akhir tahun 2021. Kementerian BUMN memastikan baru Mitratel, anak usaha BUMN yang akan melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 2021.

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengatakan IPO anak usaha BUMN lainnya masih dalam persiapan. IPO anak usaha PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) itu disebut akan sukses dikarenakan mempunyai fundamental yang kuat di sektor industri telekomunikasi.

"Yang pasti Mitratel yang terdekat, perusahaan pemilik tower terbesar ini akan menjadi bintangnya perusahaan di industri ini ," ujar Arya dikutip Rabu (6/10/2021).

Arya mengemukakan, fundamental Mitratel dapat dilihat dari aset dan layanan yang dimiliki oleh perseroan yang tidak dimiliki oleh perusahaan sejenis di sektor bisnis menara telekomunikasi.

Tidak hanya bisnis menara telekomunikasi untuk meningkatkan kinerjanya, Mitratel memiliki strategi pertumbuhan jangka panjang, dengan masuk ke digital infrastruktur jaringan 5G yang sedang berkembang. Rencananya, Mitratel juga mau ekspansi di kawasan Asia Tenggara ataupun Asia Pasifik.

Mitratel saat ini memiliki 28 ribu menara telekomunikasi yang tersebar di seluruh Indonesia. Nilai tambah dari Mitratel bukan hanya kepemilikan menara telekomunikasi terbesar di Indonesia, namun juga didukung dengan jaringan kabel serat optik.

"Mitratel di-support oleh fiber optik, sehingga tower-tower yang dimiliki Mitratel punya power yang kuat, bukan sekadar radio. Dan ini merupakan kelebihan yang dimiliki Mitratel. Dari tower memang bisa diimbangi oleh perusahaan yang lain, tapi dari sisi fiber optik, Mitratel ini powerful," tambah Arya.