Dear Investor Saham Newbie, Ini Cara Mudah Cek Kinerja Emiten Biar Cuan

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 11 Nov 2021 19:15 WIB
Stock exchange market concept, businesswoman trader looking on smartphone with graphs analysis candle line on sofa in house, diagrams on screen.
Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/Sitthiphong
Jakarta -

Penting bagi investor saham untuk mengetahui kinerja emiten saat berinvestasi. Hal ini bertujuan agar saham yang dibeli memberikan keuntungan karena kinerja perusahaan tercatat yang apik.

Stockbit meluncurkan Stockbit Academy, sebuah platform video untuk belajar saham dari nol secara mudah, sederhana, profesional, dan gratis untuk seluruh pengguna. Direktur Mahakarya Artha Sekuritas, Megawati Soewardi, mengatakan bahwa kehadiran Stockbit Academy untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat.

"Meningkatkan literasi keuangan masyarakat merupakan pekerjaan rumah kita bersama yang belum selesai. Sejalan dengan visi perusahaan yang ingin agar masyarakat Indonesia dapat berinvestasi di pasar modal dengan mudah dan dibekali pengetahuan yang tepat, kami menghadirkan Stockbit Academy agar para pengguna dapat belajar saham dari nol dengan dipandu oleh pengajar yang profesional, dan tentunya gratis," kata Megawati, Kamis (11/11/2021).

Stockbit Academy memberikan edukasi kepada para pengguna melalui tiga modul, yakni Dasar-Dasar Pasar Modal, Memahami Laporan Keuangan, dan Analisis Fundamental. Hal yang membedakan materi edukasi ini adalah kurikulumnya yang tidak hanya beranjak dari konsep dan teori, namun juga berdasarkan pengalaman para praktisi berhadapan langsung dengan kondisi pasar modal di Indonesia.

"Setelah mempelajari modul-modul ini, para pengguna juga dapat mengikuti kuis singkat yang bertujuan untuk mengukur tingkat pemahaman mereka. Ke depannya, kami akan menghadirkan modul-modul lainnya seperti Analisis Teknikal dan praktek analisis yang lebih mendalam untuk berbagai saham yang ada. Intinya, kami ingin agar investor pemula pun bisa memahami apa yang dipelajari oleh investor berpengalaman," tambah Megawati.

Salah satu pengguna Stockbit, Yulius Maulana menceritakan pengalamannya menggunakan Stockbit Academy.

"Buat yang pengetahuan dalam membaca laporan keuangannya sangat awam seperti saya, modul laporan keuangan di fitur Academy Stockbit sangatlah membantu. Kualitas videonya bagus, mentornya terlihat sangat menguasai materi, dan cara menyampaikan materinya yang disertai contoh-contoh semakin mempermudah pemahaman," kata Yulius Maulana, pengguna Stockbit yang sehari-hari bekerja sebagai guru di Bandung.

Pengguna Stockbit yang berdomisili di Kepulauan Riau, Ariki mengatakan bahwa aplikasi Stockbit hadir dengan tampilan yang mudah dipahami oleh mereka yang sebelumnya tidak familiar dengan seluk-beluk investasi di pasar modal.

"Bagi saya, UI/UX aplikasi Stockbit sudah cukup sempurna dan mudah digunakan. Saya yakin banyak pengguna dan teman-teman di komunitas pun merasakan hal yang sama," kata Ariki.



Simak Video "Ini Loh Prinsip Dasar Scalping Saham"
[Gambas:Video 20detik]
(das/ara)