KBI Resmi Masuk Holding Danareksa

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Rabu, 09 Feb 2022 10:58 WIB
Nasabah tengah menyetor dana di salah satu cabang Bank Mandiri Jakarta, Jumat (6/5/2015). Bank Mandiri mengoperasikan sebanyak 148 kantor cabang di seluruh Indonesia pada saat libur Isra Miraj untuk menerima pembayaran pembelian BBM oleh SPBU-SPBU. Perseroan juga menyiapkan uang tunai Rp4 triliun untuk memenuhi kebutuhan ATM dan cabang saat libur panjang akhir pekan ini. (Foto: Rachman Haryanto/detikcom)
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) kini telah resmi menjadi bagian dari Holding PT Danareksa (Persero). Hal tersebut telah tercantum dalam Peraturan Pemerintah No 7 tahun 2022, tentang Penambahan Modal Negara Republik Indonesia ke Dalam Modal Saham Perusahaan Perseroan (Persero) Danareksa.

"Pembentukan Holding Danareksa bertujuan mengembangkan usaha anak perusahaan melalui value creation dengan transformasi model bisnis, sinergi, serta peningkatan kualitas SDM," kata Direktur Utama Danareksa Arisudono Soerono dalam keterangan tertulis, Rabu (9/2/2022).

Setelah resmi tergabung dalam Holding Reksadana, KBI akan diberikan pelatihan oleh Danareksa selaku induk usaha dari KBI. Selain itu, Danareksa juga akan membuka akses ke pendanaan baik di pasar maupun kepada calon investor baru KBI.

Rencana tersebut membuat KBI punya potensi besar untuk berkembang, dalam melakukan berbagai inisiasi dan inovasi bisnis, baik itu di sektor perdagangan berjangka komoditi, pasar fisik komoditas maupun dalam ekosistem Sistem Resi Gudang.

Sehingga, untuk ke depannya KBI bisa menjadi engine of growth bagi Danareksa sebagai induk usaha.

Direktur Utama KBI Fajar Wibhiyadi mengatakan adanya upaya pemerintah dalam pembentukan Holding Danareksa aan membuat perubahan kepemilikian saham era baru bagi KBI.

Dalam hal kegiatan operasional, KBI akan tetap menjalankan kegiatan usaha dalam melayani para pemangku kepentingan seperti biasanya.

"Kami tetap menjalankan peran ini sesuai dengan regulasi pemerintah yang ada. Selain itu, KBI juga tetap menjalankan penugasan pemerintah sebagai Pusat Registrasi Resi Gudang," tambahnya.

Apa dampak bergabungnya KBI di Danareksa? Lihat di halaman berikutnya.



Simak Video "Kejagung Tetapkan 2 Tersangka Baru Kasus Danareksa"
[Gambas:Video 20detik]