ADVERTISEMENT

Mengenal Margin Trading, Beli Saham dengan Modal Terbatas

Muhamad Yoga Prastyo - detikFinance
Rabu, 16 Mar 2022 10:05 WIB
Ilustrasi Trading
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Investasi belakangan ini menjadi salah satu cara yang dipilih masyarakat untuk mencapai tujuan finansial jangka panjang. Salah satu instrumen yang marak dipilih para investor dalam menginvestasikan asetnya adalah saham.

Dengan keterbatasan dana yang dimiliki, tidak jarang para investor, khususnya investor pemula, sulit untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Oleh karena itu selain dana, hal penting lainnya yang harus dimanfaatkan investor agar bisa memaksimalkan keuntungannya yakni fitur margin trading.

Margin trading merupakan salah satu istilah yang banyak disebut di pasar modal, terutama di saham. Namun, istilah margin trading ini umumnya masih terdengar asing bagi orang yang baru terjun di dunia investasi.

Mengutip CNBC Indonesia, Margin trading dapat diartikan sebagai fasilitas pinjaman yang diberikan oleh sebuah perusahaan sekuritas kepada nasabah. Dengan margin trading, nasabah dapat membeli saham melebihi dari modal yang nasabah miliki di rekening efek.

Karena sifatnya yang terbatas, margin trading tidak bisa dilakukan di semua transaksi saham. Hanya saham pilihan saja yang telah memenuhi syarat dan memiliki fundamental baik. Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai lembaga yang mempunyai otoritas dalam transaksi saham pun memperbarui daftar saham margin di awal bulan perdagangan.

Walaupun bisa mendatangkan keuntungan, para investor yang menggunakan margin trading tetap harus melakukan pengembalian karena bentuknya yang merupakan pinjaman. Kewajiban pembayarannya juga harus disertakan bunga yang telah ditentukan oleh sekuritas.

Jika terjadi wanprestasi atau nasabah gagal membayar dana pinjaman, maka kepemilikan saham secara otomatis dilikuidasi untuk menutup kerugian. Hal ini terjadi karena dalam pinjaman margin, saham yang dibeli dijadikan sebagai jaminan.

Fasilitas margin trading ini menjadi solusi bagi para investor yang memiliki keterbatasan dana sehingga tidak bisa mendapatkan keuntungan maksimal ketika tren pasar saham sedang mengalami peningkatan. Namun tidak jarang, penggunaan margin trading ini juga berakhir dengan kerugian sehingga investor diimbau untuk tetap berhati-hati.

Terlebih dengan maraknya investasi bodong yang marak belakangan ini dan menawarkan keuntungan cepat menuntut investor untuk memiliki tingkat kewaspadaan yang tinggi. Untuk itu, para investor juga dituntut untuk mengetahui terlebih dahulu apakah platform investasi yang digunakan sudah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau belum.

Berkaitan dengan kemudahan dan keamanan investasi, Ajaib Sekuritas sebagai platform investasi yang terdaftar dan diawasi OJK kini berinovasi memberikan kemudahan investasi dan memperluas basis investor ritel Tanah Air secara luas.

Salah satu inovasi yang diluncurkan Ajaib yakni fitur transaksi margin dengan bunga rendah dan prosesnya yang sepenuhnya online. Ajaib menerapkan bunga dari margin trading yang ditetapkan sebesar 0.039% per hari atau 14% per tahun yang berlaku mulai 2 Juni 2022. Angka ini termasuk rendah jika dibandingkan dengan perusahaan sejenis lainnya yang rata-rata mematok bunga mulai dari 18%.

Selanjutnya, biaya tersebut akan mulai dibebankan T+2 setelah investor melakukan pembelian saham dengan fasilitas pembiayaan margin trading. Besaran bunga pun dihitung sesuai dengan nilai pinjaman investor.

Untuk bisa daftar margin trading Ajaib, investor harus memiliki jaminan yang bernilai setidaknya Rp 200 juta, yang terdiri dari kepemilikan saldo RDN, saham marjin, atau kombinasi keduanya. Selain itu, Buying Power Margin hingga 2x dari jaminan dapat diajukan 1 bulan setelah investor berhasil membuka akun margin trading. Pengajuan ini dapat dilakukan ke relationship manager investor masing-masing.

Sebagai informasi, fitur margin trading dari Ajaib ini telah tersedia di Android dengan versi aplikasi minimum 1.0.1W dan telah hadir di iOS dengan versi aplikasi minimum 1.2.0DM. Adapun proses pembukaan akun margin trading Ajaib memakan waktu 1-3 hari kerja bursa.

Ajaib juga memberikan promo kepada para penggunaannya, yakni 0% bunga margin yang berlaku sampai dengan 16 Juni 2022. Promo hanya berlaku untuk transaksi saham (beli maupun jual) yang dilakukan melalui akun margin trading Ajaib. Selama promo, investor juga akan tetap dikenakan biaya transaksi dari pihak bursa (levy) dan pajak (PPN/PPh).

Inovasi fitur margin trading ini menjadi salah satu bentuk komitmen Ajaib untuk memajukan pasar modal Indonesia dengan semakin memberikan kemudahan untuk para investor ritel Indonesia dalam bertransaksi.



Simak Video "Mau Jadi Trader? Kendalikan Gaya Hidup"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT