Pasar Anjlok, Waktu Yang Tepat Milenial buat Borong Saham?

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Rabu, 25 Mei 2022 21:15 WIB
Ilustrasi Saham
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Harga saham yang sedang mengalami fluktuasi akhir-akhir ini telah menakuti beberapa investor. Terutama para investor muda atau kaum milenial yang baru saja mengeluarkan uang mereka dan tidak memiliki simpanan jangka panjang.

Namun, para ahli keuangan mengatakan bahwa sekarang adalah saat yang tepat bagi orang untuk mulai berinvestasi atau terus menambahkan uang ke dalam saham.

"Klien dan investor kami yang lebih muda takut, mereka khawatir tentang apa yang harus mereka lakukan karena banyak dari mereka yang belum pernah mengalami ini sebelumnya," kata Anh Tran, Perencana Keuangan Bersertifikat dan Mitra Pengelola di SageMint Wealthya yang berbasis di Orange, California selama CNBC's Own Your Money, dilansir melalui CNBC, Kamis (19/05/2022).

Sebagai penasehat, dia memberikan saran yang dapat membuat kliennya mengingat bahwa mereka berinvestasi untuk jangka panjang dan membantu mereka mengendalikan emosi mereka.

"Inilah saatnya kita harus memanfaatkan volatilitas pasar dan terus berinvestasi," katanya, seraya menambahkan bahwa konsistensi adalah bagian penting dalam membangun kekayaan.

Melihat Peluang dalam Penurunan

Paula Pant, Pembawa Acara Podcast "Afford Anything," mengatakan bahwa bagi investor muda yang memiliki jangka waktu terlama untuk merencanakan pensiun, penurunan pasar saat ini juga memberikan peluang.

"Membeli aset ketika harganya sedang jatuh adalah teman terbaikmu," katanya. "Jadi, belilah harga murah, manfaatkan fakta bahwa harga saat ini rendah dan jangan mencoba mengatur waktu pasar," tambah Pant, dilansir melalui CNBC.

Hari-hari terbaik di pasar saham umumnya mengikuti penurunan harga yang signifikan, jadi jika terus memasukkan uang bahkan ketika harga turun, itu artinya menyiapkan diri untuk keuntungan besar yang akan datang. Terlepas dari seberapa jauh jarak masa pensiun dengan kondisi kita saat ini, hal ini dapat membuat kita siap untuk kesuksesan jangka panjang.

"Memulai sesuatu yang terlihat seolah sedang mengalami kemunduran akan memberi Anda akselerasi," kata Pant.

Cerdas Dalam Menabung

Disisi lain, Pant juga mencatat bahwa memiliki portofolio seimbang berdasarkan umur, jangka waktu investasi, tujuan dan toleransi risiko sama pentingnya dengan berinvestasi secara konsisten.

"Jika Anda tidak yakin dengan aspek-aspek kunci dari menabung, akan lebih baik untuk mencari bantuan profesional," kata Pant.

"Kecuali Anda melakukan ini untuk mencari nafkah, semua orang bisa mendapatkan keuntungan dari nasihat keuangan profesional," katanya, menambahkan bahwa ada banyak tingkat bantuan yang tersedia untuk orang-orang di setiap tahap kehidupan dan anggaran.

"Jika Anda menabung untuk masa pensiun melalui 401(k) yang disponsori oleh atasan, penting juga untuk memastikan Anda mengoptimalkan manfaat tersebut," ujar Gorick Ng, penulis buku "The Unspoken Rules."

Yang terpenting adalah memastikan bahwa kita menyisihkan cukup uang dari gaji untuk memastikan kecocokan gaji yang ditawarkan oleh tempat di mana kita bekerja.

"Jika Anda menolak opsi tersebut, berarti Anda menolak tunjangan yang siap diberikan atasan Anda kepada Anda," kata Ng.

Seiring dengan waktu, kehilangan pendapatan tersebut dapat berdampak besar pada portofolio dan waktu pensiun.

(das/das)