Kevin Aluwi Mundur dari Direktur GoTo, Mau Jadi Komisaris

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 06 Jun 2022 16:11 WIB
CEO dan Co-founder Gojek Kevin Aluwi terpilih sebagai salah satu dari 40 anak muda yang masuk dalam daftar 40 Under 40 dari Fortune Indonesia tahun 2022.
Kevin Aluwi/Foto: Dok. Gojek
Jakarta -

Kevin Aluwi mengundurkan diri dari jabatannya saat ini sebagai direktur GoTo. Co-founder Gojek tersebut mengundurkan diri dari direksi GoTo dan diusulkan menjadi anggota dewan komisaris.

Demikian dikutip dari keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (6/6/2022).

"Pada tanggal 3 Juni 2022 Perseroan telah menerima surat permohonan pengunduran diri dari Bapak Caesar Sengupta dari jabatannya selaku Komisaris Perseroan dan surat permohonan pengunduran diri dari Bapak Kevin Bryan Aluwi dari jabatannya selaku Direktur Perseroan untuk selanjutnya dinominasikan sebagai salah satu anggota Dewan Komisaris Perseroan menggantikan Bapak Caesar Sengupta," bunyi keterangan tersebut.

Dalam perannya sebagai Dewan Komisaris GoTo nanti, Kevin akan fokus dalam mendukung pengembangan kendaraan listrik di Gojek sebagai bagian dari komitmen perusahaan menuju 'nol emisi' pada 2030. Kevin juga akan menjadi bagian dari anggota Dewan Komisaris Electrum, perusahaan patungan Gojek dan TBS Energi Utama yang fokus pada pembangunan ekosistem kendaraan listrik roda dua yang terintegrasi dan holistik di Indonesia.

Setelah mendapat persetujuan pemegang saham, peran dan tanggung jawab Kevin sebagai CEO Gojek akan dipegang oleh Andre Soelistyo yang juga menjabat sebagai CEO GoTo.

Pria bernama lengkap Kevin Bryan Aluwi tersebut merupakan co founder sekaligus CEO Gojek sejak Oktober 2019. Kevin memimpin unicorn pertama Indonesia tersebut setelah Nadiem Makarim didapuk sebagai Menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Pria kelahiran 1 September 1986 tersebut mengenyam pendidikan di Marshall School of Business, Universitas California Selatan. Selanjutnya dia meraih gelar Bachelor of Corporate Finance, Entrepreneurship and International Relations.

Sebelum bergabung dengan Gojek, Kevin Aluwi sempat bekerja sebagai karyawan sebagai analis investment banking di sebuah perusahaan yang berada di Los Angeles bernama Salem Partners LLC. Kevin Aluwi dan Nadiem Makarim kemudian membangun Gojek pada 2013.

Melansir keterbukaan informasi, Kevin Aluwi diketahui memegang 0,77% saham GoTo. Sebelum mundur, Kevin memegang jabatan sebagai direktur di GoTo di bawah kepemimpinan Andre Soelistyo.

(eds/eds)