Profil Kevin Aluwi, Pendiri Gojek yang Mundur dari Direktur GoTo

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 06 Jun 2022 16:31 WIB
Kevin Aluwi
Kevin Aluwi/Foto: afr/detikINET
Jakarta -

Kevin Aluwi mengundurkan diri dari jabatannya saat ini sebagai direktur di PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). Co-founder Gojek tersebut mengundurkan diri dari direksi GoTo dan dikabarkan akan memegang jabatan sebagai komisaris.

Mengutip keterbukaan informasi BEI, Senin (6/6/2022), pengunduran diri Kevin dibarengi dengan pengunduran diri Caesar Sengupta selaku Komisaris GoTo.

"Perseroan akan mengikuti dan menjalankan ketentuan yang diatur di dalam POJK 33 dan Anggaran Dasar Perseroan untuk mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham dan meminta persetujuan dari pemegang saham atas pengunduran diri tersebut dan pengangkatan Bapak Kevin
Bryan Aluwi sebagai anggota Dewan Komisaris," tulis keterangan tersebut.

Adapun RUPS dijadwalkan pada hari Selasa, tanggal 28 Juni 2022, sementara pemanggilan RUPS dilakukan mulai Senin ini, 6 Juni 2022.

Kevin Bryan Aluwi merupakan co founder sekaligus CEO Gojek sejak Oktober 2019. Kevin memimpin unicorn pertama Indonesia tersebut setelah Nadiem Makarim didapuk sebagai Menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Kevin Aluwi telah bekerja sama dengan Nadiem sejak 2013, atau saat Gojek didirikan. Kevin sendiri merupakan salah satu co-Founder perusahaan penyedia ojek online ini.

Ia memainkan peran kunci mengembangkan produk-produk dan teknologi Gojek dengan latar belakangnya di pengolahan data dan business intelligence.

Pria kelahiran 1 September 1986 itu memegang peran penting dalam mengadopsi data intelijen bisnis secara strategis untuk melacak serta mengoptimalisasi beberapa aspek penting seperti harga, pendapatan mitra pengemudi, dan dalam menyusun strategi retensi pelanggan. Perannya diperkuat oleh keahliannya mengembangkan data science di dalam ekosistem.

Kevin Aluwi mengenyam pendidikan di University of Southern California-Marshall School of Business, di Los Angeles, California, Amerika Serikat dengan gelar Bachelor of Corporate Finance, Entrepreneurship, and International Relations. Sebelum bergabung dengan Gojek, Kevin menghabiskan dua tahun di Zalora Indonesia sebagai Head of Business Intelligence.

Sebelum di Zalora, ia merupakan Business Development Manager di Merah Putih Inc. Lebih jauh lagi dia mengawali karirnya sebagai Analis Investment Banking di Salem Partners LLC.

(eds/eds)