ADVERTISEMENT

Blue Bird Sebar Dividen Rp 150 M, Dirjen Kemenhub-Arsitek Gojek Jadi Komisaris

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 27 Jun 2022 13:59 WIB
Blue Bird menghadirkan tambahan 200 unit kendaraan listrik di tahun 2020. Kini makin banyak taksi listrik yang mengaspal di jalan.
Blue Bird Sebar Dividen Rp 150 M, Dirjen Kemenhub-Arsitek Gojek Jadi Komisaris/Foto: Istimewa
Jakarta -

PT Blue Bird Tbk (BIRD) sepakat membagikan dividen kepada para pemegang saham sebesar Rp 150.126.000.000 atau Rp 150 miliar. Hal ini disepakati dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang dipimpin Komisaris Utama PT Blue Bird Tbk Noni Sri Ayati Purnomo.

Noni mengatakan, RUPST ini menetapkan pembagian dividen tunai yang berasal dari sebagian laba ditahan perusahaan yang belum ditentukan penggunaannya untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2021.

"Sebesar Rp 150.126.000.000 merupakan 6,72% dari seluruh laba ditahan, (pembagian) yang akan dilaksanakan pada 22 Juli 2022. Sisanya akan dibukukan sebagai laba ditahan yang belum ditentukan penggunaannya," ujarnya dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (27/6/2022).

Selain penetapan pembagian dividen, RUPST juga membahas sejumlah agenda, yaitu persetujuan atas laporan tahunan perseroan, termasuk laporan direksi dan laporan tugas pengawasan Dewan Komisaris untuk tahun buku 2021.

Kemudian, menunjukkan akuntan publik independen untuk mengaudit laporan keuangan konsolidasian perseroan dan entitas anak untuk tahun buku 2022, persetujuan atas perubahan dan pengangkatan kembali anggota Dewan Komisaris perseroan serta penetapan remunerasi anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan untuk tahun buku 2022.

Dalam RUPST juga disetujui untuk menunjuk kembali KAP Kosasih, Nurdiyaman, Mulyadi, Tjahjo & Rekan, member of Crowe Global untuk mengaudit laporan keuangan konsolidasian Perseroan dan entitas Anak untuk tahun buku 2022.

Dalam kesempatan yang sama, RUPST juga menyetujui pengangkatan kembali Gunawan Surjo Wibowo sebagai Komisaris perseroan, dan Rinaldi Firmansyah, MBA sebagai Komisaris Independen perseroan. Tidak hanya itu, perusahaan juga mengangkat tiga anggota Dewan Komisaris baru, yaitu Budi Setiyadi, Setyo Wasisto, Alamanda Shantika masing-masing sebagai Komisaris Independen Perseroan.

Budi Setiyadi merupakan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Setyo Wasisto merupakan Purnawirawan perwira tinggi Polri, dan Alamanda Shantika merupakan arsitek aplikasi Gojek.

PT Blue Bird Tbk kemudian menetapkan remunerasi kotor bagi semua anggota Dewan Komisaris perseroan untuk tahun buku 2022, sama dengan keputusan RUPS Tahunan perseroan tahun 2019, yaitu keseluruhan maksimum sebesar Rp 5.655.000.000.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT