ADVERTISEMENT

Persaingan Makin Ketat, Semen Indonesia Mau Caplok Semen Baturaja

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 13 Sep 2022 16:46 WIB
Sejumlah pekerja di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara melakukan bongkar muat semen yang akan dikirim ke daerah-daerah di Indonesia bangian timur. detikfoto/dikhy sasra
Foto: dikhy sasra
Jakarta -

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk akan segera mengakuisisi PT Semen Baturaja (Persero) Tbk. Aksi korporasi ini dilakukan salah satunya untuk mengantisipasi persaingan.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Rionald Silaban menjelaskan, Semen Indonesia menguasai pangsa pasar 49% hingga 52% nasional. Dia mengatakan, persaingan saat ini semakin ketat dengan masuknya pemain baru dari global.

"Baik Semen Indonesia Group maupun Semen Baturaja memiliki kondisi keuangan yang baik, sehingga merupakan opportunity dalam hal Semen Indonesia Group akan mengakuisisi Semen Baturaja," katanya dalam rapat dengar pendapat Komisi XI, Jakarta, Selasa (13/9/2022).

Rionald menuturkan, dalam transaksi ini yang diusukan ialah inbreng saham pemerintah di Semen Baturaja kepada Semen Indonesia. Mengingat transaksi tersebut merupakan transaksi pasar modal, maka akan digelar rights issue.

"Mengingat transaksi tersebut adalah transaksi pasar modal maka diperkirakan akan ada juga rights issue yang ditawarkan kepada pemegang saham publik yang pada akhirnya dapat berupa setoran tunai dari para pemilik saham pubik," katanya.

Terangnya, penggunaan dana dari rights issue ini di antaranya untuk penambahan fasilitas terkait dengan penerapan environmental, social and corporate governance (ESG), modal kerja dan operasional.

"Dan pelaksanaan rights issue direncanakan dilaksanakan pada bulan Desember 2022," ujarnya.

Lihat juga Video: Jepang Bakal Produksi Semen dari Limbah Makanan

[Gambas:Video 20detik]




(acd/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT