Sudah Ikut Bimbel, Pasti Lolos Seleksi CPNS?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 18 Mar 2021 15:28 WIB
Rangkaian Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2019 kembali dilanjutkan. Tes dilakukan dengan protokol kesehatan ketat terkait pandemi COVID-19.
Ilustrasi/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Bagi yang mau ikut seleksi CPNS, mempersiapkan diri untuk mengikuti tes menjadi hal yang penting. Ikut bimbel CPNS menjadi salah satu cara mempersiapkan diri.

Apakah dengan ikut bimbel CPNS dijamin lolos seleksi?

Menurut CEO Bimbel Akses Pratama Suharyadi tidak ada jaminan pasti lulus seleksi CPNS meski sudah ikut bimbel. Apalagi menurutnya seleksi yang dilakukan pemerintah saat ini makin ketat.

Justru dia bertanya-tanya apabila menemukan layanan bimbel yang memberikan jaminan atau garansi lolos seleksi CPNS. Pratama heran apa garansi yang ditawarkan.

"Penerimaan CPNS kan bersih dan akuntabel, saya sih yakin ini sekarang udah nggak ada embel-embel KKN. Justru saya malah masih bertanya-tanya bimbel yang bilang bergaransi. Apakah iya bergaransi? Kan kita penerimaan tes CAT aja hasilnya langsung keluar kan," kata Pratama ditemui di kantornya, bilangan Bintaro, Tangerang Selatan, Kamis (18/3/2021).

Pratama menilai kunci keberhasilan seseorang lolos CPNS adalah dari kemauan calon pendaftar CPNS itu sendiri. Kunci utamanya adalah banyak belajar dan melakukan latihan soal.

"Kuncinya ya sebenarnya banyak membaca dan latihan soal aja. Jadi ya memang saya sering bilang juga ke peserta didik, ikut bimbel ini bukan jalan pintas lulus CPNS. Semuanya nggak instan, semua butuh proses," ungkap Pratama.

Meski begitu, dia mengatakan pihaknya akan mendampingi para peserta didiknya agar bisa lolos seleksi CPNS. Misalnya saja dalam rangka melakukan pendaftaran administrasi, Pratama menilai kegagalan peserta seleksi sering terjadi di tahap ini.

Bimbel Akses akan mendampingi para peserta didiknya dalam melakukan pendaftaran administrasi, sehingga tak ada langkah yang terlewat.

Berlanjut ke halaman berikutnya.