Sudah Ikut Bimbel, Pasti Lolos Seleksi CPNS?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 18 Mar 2021 15:28 WIB
Rangkaian Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2019 kembali dilanjutkan. Tes dilakukan dengan protokol kesehatan ketat terkait pandemi COVID-19.
Ilustrasi/Foto: Agung Pambudhy

Pendampingan juga akan dilakukan saat peserta didiknya mau memilih formasi yang akan diambil. Menurutnya, memilih formasi ada strateginya tersendiri, maka para mentor akan mendampingi konsultasi calon pendaftar seleksi CPNS untuk memilih formasi.

"Bisa juga misal dia mau konsul untuk ambil formasi yang mana, ini kan tricky ya jadi kita akan mendampingi. Itu ada strategi juga ya lihat peluangnya," ujar Pratama.

Layanan bimbel lainnya, Newtonsix juga menegaskan pihaknya tak bisa menjamin peserta didik lolos seleksi. Menurut staff Newtonsix Eka, lolos atau tidaknya tergantung peserta didik.

Meski begitu, pihaknya akan membantu peserta didik bisa lolos. Salah satu caranya adalah menyediakan sederet contoh soal tes CPNS untuk digunakan latihan para peserta didik.

"Ya itu kembali ke orangnya masing-masing. Cuma layanan kami akan membantu mereka, misalnya dalam penyediaan contoh soal buat latihan mereka," kata Eka ditemui detikcom di kantornya, Bintaro, Tangerang Selatan.

Eka menjelaskan Newtonsix sudah berpengalaman selama 15 tahun dalam menyediakan contoh soal untuk latihan peserta didik. Dari tahun ke tahun pihaknya selalu menganalisa soal yang sudah keluar pada tes CPNS untuk diimplementasikan sebagai latihan soal bagi para peserta didiknya.

"Kita udah 15 tahun analisis soal SKD ini, jadi ini cukup mirip dengan apa yang akan keluar dan sesuai dengan kisi-kisinya," kata Eka.

Halaman

(hal/ara)