Apa Saja Formasi CPNS 2021 yang Sudah Dibuka? Ini Daftarnya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 18 Jun 2021 15:48 WIB
Pelamar CPNS yang lolos akan menghadapi ujian tes kemampuan dasar (TKD). Berbagai persiapan dilakukan, salah satunya berburu buku panduan.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Jadwal pendaftaran CPNS 2021 dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akhirnya mulai menemukan titik terang. Bila tak ada perubahan lagi, pendaftaran CPNS 2021 diperkirakan akan dilaksanakan pada akhir Juni nanti.

Pendaftaran CPNS 2021 akan dibuka hanya melalui portal resmi Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara atau SSCASN. Portal tersebut dapat diakses melalui link sscasn.bkn.go.id.

Nantinya SSCASN akan terintegrasi dengan data NIK di Dukcapil, data Dapodik Kemdikbud, data STR di Kementerian Kesehatan, dan akses data ijazah serta akreditasi Perguruan Tinggi di Kementerian Ristekdikti.

Selain itu, sejumlah instansi kini telah mengumumkan lowongan CPNS 2021 yang mereka perlukan. Dari sekian instansi yang telah membuka daftar formasi yang mereka perlukan, diantaranya terdapat sejumlah formasi jabatan yang menerima lulusan SMA/SMK/Sederajat hingga sarjana.

Sambil menunggu, cek daftar sejumlah instansi Kementerian/Lembaga yang sudah mengumumkan formasinya berikut:

1. Kemenhub

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengumumkan kebutuhan formasi aparatur sipil negara (ASN) atau calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2021 sebanyak 2.445 formasi.

Tahapan seleksi CPNS 2021 Kemenhub terdiri dari seleksi administrasi, seleksi Kompetensi Dasar (SKD) 40%, Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) 60%.

Persyaratan pendidikan untuk formasi CPNS yang dibuka mulai dari SLTA sampai S2. Lalu untuk kelengkapan lamaran dapat dipersiapkan ijazah, KTP, dan lain sebagainya sesuai persyaratan.

Untuk lengkapnya, silakan klik link berikut.

2. Basarnas

Dalam daftar CPNS 2021 Basarnas, terdapat 27 formasi jabatan yang dibutuhkan. Diantaranya, terdapat sejumlah formasi jabatan yang menerima lulusan SMA/SMK/Sederajat seperti Rescuer Pemula.

Selain Rescuer Pemula, ada pula formasi CPNS 2021 Nakhoda, Mualim, Juru Mudi, Juru Minyak, Masinis, Kelasi, hingga Markonis yang juga bisa dilamar lulusan SMA/SMK Sederajat. Meski demikian sejumlah formasi ini juga mewajibkan pelamar memiliki sertifikat khusus.

Selain untuk lulusan SMA/SMK Sederajat, Basarnas juga membuka formasi untuk lulusan Diploma 3 (D3), Diploma 4 (D4), Strata 1 (S1), hingga Strata 2 (S2).

Untuk lengkapnya, silakan klik link berikut.

3. Kementerian Luar Negeri

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menjadi salah satu kementerian yang membuka lowongan CPNS 2021.

Pada rekrutmen tahun ini, Kemenlu membuka 332 formasi sekaligus termasuk 3 jabatan Pejabat Dinas Luar Negeri (PDLN) yaitu Jabatan Fungsional Diplomat sebanyak 140 formasi, Jabatan Fungsional Penata Kanselerai sebanyak 80 formasi, dan Jabatan Fungsional Pranata Informasi Diplomatik sebanyak 44 formasi. Serta beberapa jabatan fungsional tertentu dan jabatan pelaksana lainnya.

Untuk lengkapnya, silakan klik link berikut.