Follow detikFinance
Kamis 30 Mar 2017, 17:20 WIB

Tambah Pasokan Listrik Sumatera, PLN Bangun Kabel Bawah Laut 17 Km

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Tambah Pasokan Listrik Sumatera, PLN Bangun Kabel Bawah Laut 17 Km Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance
Belitung - PT PLN (Persero) akan menggarap proyek kabel listrik bawah laut sepanjang 17 kilometer (km). Proyek ini untuk mendukung pasokan listrik di Bangka Belitung menjadi lebih andal dan efisien.

General Manager PLN Bangka Belitung, Susiana Mutia, mengatakan pembangunan kabel bawah laut itu masuk dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2016-2025.

"Ini sudah ada di RUPTL tahun 2016-2025," ungkap Susiana di BW Suite Hotel, Belitung, Rabu (29/3/2017) malam.

Susi melanjutkan, kabel laut ini bakal menghubungkan kelistrikan di ujung Bangka, Muntok dan Sumatera Selatan, Tanjung Api-Api. Dengan demikian, kondisi jadi saling terhubung satu sama lain, dan bisa mengaliri listrik hingga 300 Megawatt (MW)

"Karena untuk interkoneksi, Nanti bisa menyalurkan sekitar 300 MW, ini mampu dilalui, kabel listrik ini seperti air, kalau ini transmisi berarti pipanya besar," terang Susi.

Lebih lanjut Susi mengatakan, kabel laut ini untuk bisa mengalirkan listrik dari Sumatera yang menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dan dimanfaatkan di daerah Bangka.

Baca juga: Bangka Belitung Dialiri Listrik 100%, Seluruh Desa Terang Benderang

Sebab, kata dia, selama ini wilayah Bangka masih memiliki ketergantungan terhadap tenaga diesel yang dinilai cukup mahal. Maka, dengan adanya aliran listrik dari Sumatera tersebut, dinilai bakal membuat biaya pokok pembangkit menjadi lebih murah.

"Kalau sudah tersambung nanti, ya bahan bakar yang pakai diesel kita bisa kurangi. Karena sekarang masih 70% dan itu kan sangat mahal," tutur Susi.

Diharapkan, adanya kabel bawah laut tersebut maka kawasan Muntok bisa menjadi kawasan industri yang berkembang.

"Muntok disiapkan agar bisa menjadi kawasan industri dan bisa menampung investor dari wilayah Tanjung Api-api," tuturnya. (hns/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed