Follow detikFinance
Senin, 23 Apr 2018 21:45 WIB

Bamsoet Minta PLN Pasok Listrik ke Warga di Kepulauan Natuna

Ibnu Hariyanto - detikFinance
Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom
Natuna - Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) prihatin dengan keadaan warga Pulau Laut, Kepulauan Natuna yang masih kesusahan sinyal telepon seluler hingga kurang maksimalnya listrik dari PLN.

DPR akan menagih janji PLN, Kementerian BUMN dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terkait permasalahan itu.

"Soal listrik ini juga memprihatinkan. Karena janji PLN tak ada daerah lagi yang gelap ternyata tadi listrik tak menyala 24 jam," kata Bambang saat mengikuti kunjungan kerja Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Kepulauan Natuna, Senin (23/4/2018).


Bamsoet mengatakan DPR melalui Komisi VI akan menagih janji ke Dirut PLN dan Kementerian BUMN. Bamsoet berharap warga Pulau Laut, Kepulauan Natuna bisa menikmati aliran listrik selama 24 jam.

"Kami akan mendorong PLN, Kementerian BUMN kemudian Komisi VI untuk melakukan evaluasi guna memenuhi keinginan masyarakat di daerah sini (Pulau laut) yang ingin listrik 24 jam," ujar pria yang disapa Bamsoet itu.

Tak hanya listrik, warga Pulau Laut, Kepulauan Natuna juga mengeluh kesusahan sinyal telepon seluler.

"Tadi dapat keluhan kurangnya jaringan (telepon seluler). Tentu DPR akan tagih janji Menkominfo yang sampaikan kepada kami di Komisi I, bahwa tak ada lagi daerah terpencil luput dari jaringan, ternyata masih ada blankspot di Kepulauan Natuna ini. Itu jadi koreksi dan perhatian dari Kemenkominfo," kata dia.


Selain itu, menurut Bamsoet warga Pulau Laut juga menginginkan pembangunan jalan melingkar. Untuk itu Bamsoet meminta kementerian terkait lebih memperhatikan kesejahteraan warga di perbatasan sesuai dengan arah Presiden Joko Widodo.

"Menteri-menteri untuk berikan kesejahteraan di daerah perbatasan. Sehingga kalau daerah perbatasan sejahtera secara ekonomi bagus nggak ada yang perlu dikhawatirkan dari kita untuk menjaga kedaulatan," katanya.

Sebelumnya, Bamsoet bersama Panglima TNI mengunjungi Pos Pamputer di Pulau Sekatung, Kepulauan Natuna. Dalam kunjungan itu masyarakat Pulau Sekatung dan Pulau Laut curhat kepada Bamsoet.


Mereka mengeluhkan susahnya jaringan telekomunikasi dan kurang maksimalnya listrik di tempat tersebut.

"Kami warga Pulau Laut memang seperti apa yang sudah disinggung tadi masalah sinyal itu paling sulit, apalagi di Pulau Sekatung ini," kata Camat Pulau Laut Sudirman.

"Kami di sini sudah dapat (listrik) PLN yang hanya bisa malam. Kami ingin listrik bisa digunakan 24 jam," imbuh Sudirman. (ibh/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed