Follow detikFinance
Selasa, 03 Jul 2018 09:51 WIB

RI Kini Punya 'Kebun Angin', Jokowi: Saya Seperti di Belanda

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Dok. Instagram Jokowi Foto: Dok. Instagram Jokowi
Sidrap - Presiden Joko Widodo telah meresmikan proyek pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) di wilayah Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan.

Tak mau kalah dengan selebgram, Jokowi pun langsung mengunggah foto ke akun instagramnya.

"Berada di perbukitan Watang Pulu, sore tadi, saya merasa seperti tengah di negeri Belanda. Seperti di Eropa. Padahal Watang Pulu ini di Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan sekitar 200 kilometer dari Makassar," Ujar Jokowi dalam akun resminya.

Maklum, Belanda memang negara yang memiliki kincir angin terbesar di dunia.



Jokowi mengaku senang karena kincir-kincir raksasa ini telah berputar dihembus angin.

"Dan perasaan saya ini timbul karena di hadapan saya adalah kincir-kincir angin raksasa yang baling-balingnya berputar dihembus angin. Ya, inilah Pembangkit Listrik Tenaga Bayu Sidrap, pembangkit listrik bertenaga angin, yang saya resmikan hari ini," ujar dia.

Dibangun sejak Agustus 2015, PLTB ini berupa deretan 30 menara kincir angin raksasa setinggi 80 meter, dengan baling-baling sepanjang 57 meter. Turbin-turbin menara ini bisa menghasilkan total 75 megawatt, yang dapat digunakan untuk mengaliri lebih dari 70.000 pelanggan listrik dengan daya 900 VA.

Dengan beroperasinya PLTB Sidrap ini, rasio elektrifikasi di Provinsi Sulawesi Selatan telah mencapai lebih dari 99%, sedikit di atas rasio elektrifikasi nasional saat ini yakni kurang lebih 96 persen. Keindahan alam Watang Pulu dan kincir-kincir angin raksasa PLTB ini pun jadi potensi pariwisata di Sulsel.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed