Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 14 Jul 2018 08:22 WIB

Upaya RI Caplok 51% Saham Freeport hingga Terwujud di Era Jokowi

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Halaman 1 dari 5
Foto: Dikhy Sasra Foto: Dikhy Sasra
Jakarta - PT Freeport Indonesia sepakat menyerahkan 51% saham (divestasi) ke pemerintah Indonesia. Pemerintah melalui PT Inalum (Persero) akan membelinya sehingga menjadi pemegang saham mayoritas di Freeport.

Kabar gembira ini diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kamis (12/7/2018).


"Saya telah mendapatkan laporan bahwa holding industri pertambangan kita Inalum telah capai kesepakatan awal dengan Freeport, pengolahan, untuk meningkatkan kepemilikan kita menjadi 51% dari yang sebelumnya 9,36%. Alhamdulillah," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, proses mengambil saham Freeport bukan perkara mudah, sebab negosiasi berlangsung alot.


"Ya seperti kita ketahui Freeport Indonesia kelola tambang hampir 50 tahun. Dengan porsi kepemilikan 9,36%, inilah 3,5 tahun yang kita usahakan sangat alot dan sangat intens sekali, tapi memang kita kerjain ini diam karena ini menyangkut negosiasi yang tidak mudah," ujarnya.

Usai diumumkan Jokowi, Kamis sore harinya berlangsung penandatanganan head of agreement yang menandai proses akuisisi 51% saham Freeport dimulai.



Patut diketahui, pengambilalihan saham Freeport sebenarnya sudah diupayakan sejak lama, namun kunjung berhasil hingga akhirnya bisa terwujud di era Jokowi. Berikut berikut berita selengkapnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed