Follow detikFinance
Jumat, 20 Jul 2018 21:45 WIB

Rini Soemarno: Direktur Gas Pertamina Diisi Dirut PGN

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Lamhot Aritonang Foto: Lamhot Aritonang
FOKUS BERITA Pertamina Jual Aset
Jakarta - Serikat pekerja yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) mempertanyakan perihal tidak adanya direksi di Pertamina yang khusus mengurus bisnis gas.

Pertanyaan tersebut dilontarkan dalam sebuah pertemuan tertutup antara Menteri BUMN Rini Soemarno dan perwakilan FSPPB di kantor Kementerian BUMN, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Apa jawaban Rini?

"Kenapa direksi gas tidak ada? Karena nanti yang akan jadi Dirut PGN itu nanti akan merangkap menjadi Direktur Gas (Pertamina)," kata Rini dalam video yang diperoleh detikFinance yang ikut dalam pertemuan tersebut, Jumat (20/7/2018).


Tonton juga video: 'Pertamina Rayu Azerbaijan Investasi Kilang Minyak di Indonesia'

[Gambas:Video 20detik]


Rini beralasan, bakal dijadikannya Dirut PGN sebagai Direktur Gas Pertamina karena Kementerian BUMN berpandangan tidak perlu dua orang pejabat untuk mengurusi satu aspek bisnis yang sama.

Terlebih, Pertamina saat ini telah menjadi induk holding BUMN migas yang menaungi seluruh bisnis minyak dan gas. PGN sebagai anggota holding dianggap sudah menjadi bagian dari organisasi perusahaan yang saling terintegrasi.

"Jadi maunya kami (Kementerian BUMN) itu satu karena ini (bisnis gas) akan jadi bisnisnya Pertamina, karena orang ini akan iya insya Allah juga ini orang Pertamina yang memahami seluk beluk Pertamina kalau ini nanti sudah menjadi satu," sebut dia.

"Itu dasarnya kenapa nggak ada lagi Direktur Gas. Karena Dirut PGN itu adalah Direktur Gas (Pertamina)," sebut Rini.


Ini juga sejalan dengan usulan FSPPB agar struktur pejabat di Pertamina harus lah ramping untuk menekan biaya operasi perusahaan.

"Pendapat FSPPB dengan gemuknya penambahan jajaran direksi menjadi 11 posisi akan menyebabkan inefisiensi karena peningkatan overhead cost organisasi yang semakin membengkak," bunyi salah satu poin surat yang disampaikan FSPPB ke Menteri BUMN siang tadi.

Rini Soemarno: Direktur Gas Pertamina Diisi Dirut PGN
(ara/ara)
FOKUS BERITA Pertamina Jual Aset
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed