ADVERTISEMENT

51% Saham Freeport Lunas Dibayar, Jokowi: Ini Momen Bersejarah

Hendra Kusuma - detikFinance
Jumat, 21 Des 2018 17:34 WIB
Foto: Hendra Kusuma
Jakarta - Sore ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan sudah lunasnya pembelian saham PT Freeport Indonesia. Dengan pelunasan tersebut, maka hari ini Indonesia resmi memiliki 51% saham Freeport Indonesia.

Jokowi mengatakan, hari ini sebagai hari bersejarah di mana akhirnya Indonesia punya andil dalam operasi Freeport di Indonesia. Dengan menguasai 51% saham Freeport maka Indonesia menjadi pengendali terhadap perusahaan tambang asal Amerika Serikat (AS) tersebut.

"Hari ini juga merupakan momen yang bersejarah, setelah Freeport beroperasi di Indonesia sejak 1973, dan kepemilikan mayoritas ini kita gunakan sebesarnya untuk kemakmuran rakyat," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (21/12/2018).


Ia menambahkan, dengan penguasaan 51% saham Freeport Indonesia, maka negara bakal mendapat keuntungan lebih besar dari aktivitas pertambangan di tanah Papua tersebut. Tak lagi hanya dari pajak, melainkan juga dari royalti, dividen atau bagi hasil keuntungan dan pendapatan lainnya.

"Tadi disampaikan bahwa nanti income, pendapatan baik dari pajak maupun bukan pajak, royalti. Semuanya tentu lebih besar dan baik. Inilah yang kita tunggu," tandas Jokowi. (dna/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT