Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 12 Feb 2019 18:01 WIB

Luhut: Avtur Memang Ada Monopoli dari Pertamina

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
FOKUS BERITA Monopoli Harga Avtur
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan membenarkan jika PT Pertamina (Persero) telah melakukan monopoli harga avtur di Bandara.

Menurut Luhut, persoalan mahalnya harga avtur juga sudah menjadi persoalan yang lama yang harus segera diselesaikan.

"Avtur ini kan kasus lama itu, sudah berapa tahun itu, jadi memang ya ada monopoli dari Pertamina di lapangan terbang," kata Luhut di Kantor Wapres, Jakarta, Selasa (12/2/2019).


Agar tidak terjadi monopoli, kata Luhut, salah satunya ada membuat operator penjual Avtur selain Pertamina di Bandara. Hanya saja, kata Luhut, perlu juga dihitung ulang terkait dengan tugas Pertamina menyediakan bahan bakar minyak di seluruh bandara di Indonesia.

"Kalau nggak dicari jalan keluar ya repot juga, tapi jangan serta merta kita bandingkan dengan Singapura ya nggak adil juga. Singapura cuman satu wilayah. Kita banyak wilayah," ungkap dia.

Lebih lanjut Luhut mengungkapkan, pemerintah akan mencarikan jalan keluar bagi badan usaha yang ingin menjadi pesaing Pertamina di sektor avtur.

"Nanti deh dicari jalan keluarnya. Presiden tuh nggak mau monopoli. Tadi BUMN juga dibilangin, supaya nggak BUMN saja yang kerja," ungkap dia.

(hek/fdl)
FOKUS BERITA Monopoli Harga Avtur
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed