Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 06 Mar 2019 21:16 WIB

Usai Pilpres, Penyaluran Elpiji 3 Kg Diuji Coba Pakai Kartu

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Akrom Hazami/detikcom Foto: Akrom Hazami/detikcom
Jakarta - Pemerintah menyatakan akan melakukan uji coba penyaluran Elpiji 3 kg menggunakan kartu usai pemilihan presiden (Pilpres). Dengan menggunakan kartu, maka subsidi akan lebih tepat sasaran.

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Muhammad Rizwi Jilaniaf Hisjam menerangkan, penyaluran Elpiji 3 kg ini akan terintegrasi dengan bantuan pemerintah lainnya.

"Ada yang sudah diterapkan PKH (Program Keluarga Harapan) itu, nanti ditambah walletnya. Nanti ada raskin, listrik, Elpiji," kata Rizwi di DPR Jakarta, Rabu (6/3/2019).

Lanjutnya, dengan skema tersebut, maka penyaluran Elpiji 3 kg menjadi tertutup. Dia mengatakan, lewat skema ini subsidi tidak lagi diberikan pada harga melainkan pada orangnya.


"Ya tertutup juga..cuma bedanya tidak di harga lagi susbidinya. Kalau sekarang kan subsidi di harga Elpiji, orang yang dapat subsidi tidak tertentu kan orangnya. Sampeyan (anda) kalau sudah terdaftar di situ boleh dapat subsidi, kalau nggak terdaftar didata terpadu yang nggak dibantu pemerintah," terang Rizwi.

Dia bilang, uji coba akan dilakukan usai Pilpres untuk menghindari dugaan kampanye. Skema ini tetap akan diusulkan kepada siapapun pemerintahnya.

"Iya, karena nggak efektif sekarang, nanti dianggap kampanye atau apa pergerakan kan sensitif," tutupnya. (fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com