Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 18 Mar 2019 23:23 WIB

Jonan ke PLN: Jangan Takut Saingan dengan Panel Surya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Menteri ESDM Ignasius Jonan/Foto: Ari Saputra Menteri ESDM Ignasius Jonan/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Pemerintah mendorong penggunaan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) seperti rooftop panel surya. Pembangkit ini didorong karena ramah lingkungan.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menilai, PLN akan menganggap panel surya sebagai saingannya, namun Jonan mengatakan seharusnya PLN tak perlu khawatir.

"Ke depan saya juga minta, memang terus terang teman-teman PLN persepsinya kalau ada rooftop begini rooftop solar panel, jualannya susah," katanya Diseminasi Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) PT PLN (Persero) 2019-2028 di Kantor Pusat PLN Jakarta, Senin (18/3/2019).

"PLN mestinya juga sepakat, jangan takut ada saingan teknologi baru, jualannya aja, gimana, wong Eskimo ada orang jualan es krim juga kan," sambungnya.


Jonan sendiri berupaya mendorong penggunaan panel surya. Dia mengaku, rumah pribadinya menggunakan solar panel.

Bukan hanya itu, tempat kerjanya yakni Kementerian ESDM juga sudah menggunakan panel surya.

"Kalau bisa rooftop solar panel digerakkan, Anda tanya saya, rumah saya yang saya tinggali sendiri rumah pribadi, juga menggunakan rooftop solar panel nggak besar sih 15,4 kWp. Rumah dinas pasti, kantor Kementerian ESDM menggunakan 150 kWp. Komplek Istana negara sudah selesai 260 kWp," tutupnya.



Jonan ke PLN: Jangan Takut Saingan dengan Panel Surya
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com