CONTINUE TO SITE >

Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 31 Mei 2019 13:05 WIB

Pertamina Dapat Kompensasi Jualan BBM, Berapa Jumlahnya?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Danang Sugianto/detikFinance Foto: Danang Sugianto/detikFinance
Jakarta - PT Pertamina (Persero) akan mendapat kompensasi dari penjualan bahan bakar penugasan maupun subsidi. Direktur Keuangan Pertamina Pahala N Mansury mengatakan, penggantian ini berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 43 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan Pendistribusian dan Harga Jual Eceran.

"Memang tahun 2018, tahun yang unik di mana 2018 itu terbit peraturan terkait Perpres 43 di mana apabila Pertamina menjual BBM sifatnya penugasan dan juga subsidi apabila harga jual eceran di bawah harga dasarnya dapat memperoleh penggantian. Penggantian itu atas dasar kita menjual di bawah harga pokok produksinya," kata Pahala usai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di Kementerian BUMN Jakarta, Jumat (31/5/2019).


"Untuk tahun 2018 yang lalu membukukan penggantian atas harga jual eceran dengan harga dasar tersebut. Ini merupakan tahun pertama diterbitkan Perpres 43 di 2018 ini, kita bukukan di 2018 juga," ujarnya.

Dia mengatakan untuk pembayarannya akan dibicarakan lebih lanjut dengan pemerintah. Tentunya, sambungnya, tergantung dari kondisi keuangan pemerintah.

"Yang paling penting yang kita sepakati dengan pihak pemerintah dalam hal ini diakui terlebih dahulu kita sudah terima kasih dan alhamdulillah sekali pembayaran tergantung kondisi keuangan pemerintah," jelasnya.


Cuma Pahala enggan membeberkan besaran kompensasi itu. Yang pasti, penggantian tersebut sudah masuk dan tercatat sebagai piutang dan diakui sebagai pendapatan.

"Jumlahnya tadi dukungan atau penggantian harga jual eceran angka persisnya belum bisa kita sampaikan. Diakui sebagai piutang dan diakui sebagai pendapatan," terang Pahala.



Tonton video Pertamina Pastikan Stok BBM Selama Arus Mudik Aman:

[Gambas:Video 20detik]

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed