Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 24 Jun 2019 13:39 WIB

Cadangan Batu Bara RI Capai 39,89 Miliar Ton

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Hasan Alhabshy Ilustrasi/Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkap jumlah cadangan batu bara di dalam negeri. Berdasarkan data terkini, cadangan batu bara Tanah Air mencapai 39,89 miliar ton.

Demikian disampaikan Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara (Minerba) Bambang Gatot dalam acara The 25th Annual Coaltrans Asia Conference di Nusa Dua, Bali, Senin (24/6/2019).

"Berdasarkan Laporan Badan Geologi 2018, cadangan terbukti batu bara adalah 39,89 miliar ton yang tersebar luas di Pulau Sumatera dan Kalimantan," katanya.



Menurutnya, cadangan terbukti ini sangat penting untuk pembangunan, terutama untuk mendukung energi listrik. Sehingga, nantinya berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi.

"Data empiris dari berbagai negara di dunia menunjukkan bahwa setiap 1 KwH konsumsi listrik akan menyumbang sekitar US$ 4-US$ 5 PDB," ujarnya.

Dia menjelaskan, 5 tahun lalu batu bara ini banyak diekspor. Namun, pemerintah kemudian pemerintah mengubah haluan dengan memprioritaskan kebutuhan dalam negeri.

Dari tahun 2011 hingga 2017, pasar domestik terus meningkat. Pada tahun 2019 diharapkan meningkat sebesar 60%.

"Kewajiban pasar domestik yang secara tidak langsung mendukung pertumbuhan pasar domestik, ditandai dengan penurunan ekspor batubara sekitar 14% per tahun," terangnya.




Tonton video Batu Bara di Pantai Cipatuguran Bikin Gatal-gatal hingga Puyeng:

[Gambas:Video 20detik]


Cadangan Batu Bara RI Capai 39,89 Miliar Ton
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com