Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 28 Agu 2019 12:16 WIB

Nyes... Bus Listrik Meluncur Tanpa Suara

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Menjajal Bus Listrik made in Indonesia (Herdi Alif Al Hikam/detikFinance) Foto: Menjajal Bus Listrik made in Indonesia (Herdi Alif Al Hikam/detikFinance)
Jakarta - Indonesia cukup serius menggarap mobil listrik, bahkan sudah ada bus yang diproduksi perusahaan lokal. PT Mobil Anak Bangsa (MAB) salah satunya.

detikFinance berkesempatan menjajal salah satu produk MAB, yaitu bus listrik seri MD12-E, Rabu (28/8/2019). Sekilas kalau dilihat model busnya sangat mirip dengan bus rapid transportation (BRT) lainnya.

Namanya pun bus listrik, otomatis perbedaan yang mencolok dari bus BRT lainnya terdapat pada penggeraknya. Bus ini menggunakan tenaga listrik berbasis baterai untuk sumber energinya.


Seperti kendaraan listrik lainnya bus ini berjalan tanpa suara. Jalannya pun cukup mulus, hanya saja saat diakselerasi goncangan dalam bus cukup terasa.

Bus MAB ini menyediakan 30 tempat duduk di dalamnya, di dalam bus terdapat dua dek. Tujuh bangku berada di dek yang rendah, di dek tersebut juga ada ruang bagi penumpang untuk berdiri lengkap dengan pegangan tangannya yang menggantung rendah.

Nyes... Bus Listrik Meluncur Tanpa SuaraFoto: Menjajal Bus Listrik made in Indonesia (Herdi Alif Al Hikam/detikFinance)

Sisa 23 tempat duduk lainnya ada di dek yang tinggi. Setiap tempat duduk dilengkapi dengan seatbelt alias sabuk pengaman.

Untuk spesifikasinya, bus dengan panjang 12 m meter ini dapat melaju hingga 70 km/jam. Totalnya sekali charge dengan maksimal daya 200 kwh, bus ini dapat berjalan sejauh 250 km.


Technical Director MAB Bambang Tri Soepandi menyatakan bus dengan tipe satu ini sudah diminati AngkasaPura II dan Garuda Indonesia.

"Bus ini baru di uji coba APII 2 bulan yang lalu, mereka uji coba selama dua bulan. Lalu, Garuda dua bulan lalu uji coba satu bulan, setelah 17 Agustus minta extend sebulan," kata pria yang akrab dipanggil Ongky ini.

Nyes... Bus Listrik Meluncur Tanpa SuaraFoto: Menjajal Bus Listrik made in Indonesia (Herdi Alif Al Hikam/detikFinance)


Simak Video "Keistimewaan Mobil Listrik, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com