Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 17 Sep 2019 23:00 WIB

Warga Mentawai Kini Nikmati Listrik Biomassa Berbasis Bambu

Jeka Kampai - detikFinance
Halaman 1 dari 3
Foto: Jeka Kampai/detikcom Foto: Jeka Kampai/detikcom
Mentawai - Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro meresmikan tiga Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBm) bambu di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Selasa (17/9/2019). Ini merupakan Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa berbahan bakar bambu pertama di Asia Pasifik.

PLTBm berbahan bakar bambu ini dibangun untuk menggantikan Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD) yang telah beroperasi di Pulau Siberut dengan kapasitas 1.300 kW. PLTBm dibangun di tiga desa, yaitu Saliguma, Madobag, dan Matotonan, dengan total kapasitas 700 kW untuk 1.233 Kepala Keluarga.


"Keberadaan PLTBm ini bisa menghemat hingga Rp 14 Miliar per tahun dibanding PLTD," kata Bambang di Desa Saliguma, Pulau Siberut, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Selain penghematan, kata Menteri, pendapatan masyarakat juga meningkat dengan adanya pembelian bambu dari kebun masyarakat setempat dan penyerapan tenaga kerja sebesar Rp 2 miliar per tahun.

"Saya mengajak semua pelaku pembangunan untuk mendukung inovasi PLTBm ini, agar mampu mewujudkan upaya kita bersama dalam mengurangi penggunaan BBM dan energi fosil lainnya," kata dia. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com