Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 03 Des 2019 22:00 WIB

Harga Avtur di Indonesia Timur Mahal, Swasta Mau Masuk Pak Menhub?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa harga avtur di timur Indonesia tercatat paling tinggi. Berbagai masalah jadi hambatan, mulai dari penerbangan yang sedikit hingga biaya pengiriman yang tinggi.

Budi Karya pun mengatakan bahwa kemungkinan penjual avtur swasta akan dilibatkan dalam pasar avtur nasional. Lantas apakah perusahaan-perusahaan swasta ini mau menjual avtur di timur dengan segudang hambatannya?

Budi Karya menyatakan bisa saja pemain swasta masuk ke dalam pasar avtur di beberapa titik di timur Indonesia. Dia mengatakan sudah ada beberapa yang berminat.

"Bisa saja di beberapa titik. Sudah ada beberapa," kata Budi Karya di Kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta Pusat, Selasa (3/12/2019).


Dikonfirmasi terpisah, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan enggan memprediksi apakah ada operator yang mau masuk ke timur. Dia memastikan pemain swasta boleh masuk ke dalam pasar avtur Indonesia.

"Nanti lah kita lihat. Yang jelas kalau masuk boleh, nggak ada masalah," ucap Luhut.


Sebelumnya, Luhut mengaku sudah banyak pemain swasta yang mau masuk ke pasar avtur Indonesia. DIa mengatakan pihaknya dan Kemenhub akan melakukan seleksi terhadap pemain swasta yang mau masuk.

"Orang rebutan, banyak yang mau. Tinggal nanti Kementerian Perhubungan seleksi mana kira-kira yang memenuhi standar kita juga, ada lah pokoknya (yang mau masuk)," ucap Luhut usai hadiri Raker Kemenhub di Grand Mercure Kemayoran, Senin (3/12/2019).

Simak Video "Pembebasan Lahan Proyek KA Makassar-Parepare Segmen 3 Digeber!"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com