Pemerintah Jamin Harga Solar Tak Naik

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 31 Des 2019 19:30 WIB
Foto: Eko Sudjarwo
Jakarta - Pemerintah menjamin harga jual B30 atau biosolar di masyarakat tidak mengalami kenaikan. Harga biosolar di SPBU tetap dipatok Rp 5.150 per liter.

Demikian disampaikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengutip laman Setkab, Selasa (31/12/2019).

"Harga jual biosolar di SPBU tidak akan mengalami kenaikan alias tetap, yakni Rp 5.150 per liter," kata Arifin.

Seperti diketahui, saat ini sedang terjadi tren kenaikan harga minyak sawit atau crude palm oil (CPO). Kenaikan harga CPO dipengaruhi meningkatnya permintaan dalam negeri terhadap minyak kelapa sawit.


Salah satu faktor penyebab peningkatan ini disinyalir dari penerapan mandatori B30 yang efektif berlaku Januari 2020 nanti.

Meski ada kenaikan dari sisi bahan baku biodiesel (CPO), Arifin menegaskan, pemerintah tetap mengupayakan tidak ada kenaikan harga jual biosolar di pasaran. "CPO itu kan naik juga karena B30," sambung Arifin.

Mengenai selisih harga, Arifin bilang, akan ditanggung melalui insentif Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP KS). Sehingga, masyarakat tetap akan menikmati biosolar ini dengan harga yang sama.

"Harga biosolar B30 tetap akan dijual mengikuti ketetapan harga untuk BBM jenis solar yang tidak mengalami kenaikan sejak ditetapkan 1 April 2016 lalu, yakni Rp 5.150 per liter," terang Arifin.



Simak Video "Detik-detik Truk Tangki Meledak Saat Warga Berebut BBM"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)