Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 17 Feb 2020 16:22 WIB

Pertama Kalinya Freeport Punya Bos Baru Putra Papua

Anisa Indraini - detikFinance
Kegiatan operasional penambangan PT Freeport Indonesia di Papua. Dok. Freeport Indonesia Foto: pool
Jakarta -

PT Freeport Indonesia (PTFI) diam-diam punya jajaran direksi dan komisaris baru. Pergantian tersebut setelah dilaksanakannya rapat umum pemegang saham (RUPS) PTFI di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada Jumat (7/2/2020) lalu.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, pergantian kepengurusan ini dilakukan untuk mengisi kekosongan di sejumlah jabatan. Presiden Direktur PTFI saat ini diisi oleh Clayton Allen Wenas, sedangkan Wakil Presiden Direktur diisi oleh Jenpino Ngabdi.

"Memang sejak 7 Februari ada kekosongan di kepengurusan komisaris dan direksi (PT Freeport). Direktur Utama Clayton Allen Wenas, Wakil Direktur Utama Jenpino Ngabdi," kata Arya di Kementerian BUMN, Senin (17/2/2020).

Menariknya, ada putra Papua di jajaran direksi bernama Claus Wamafma. Arya bilang, ia adalah orang Papua yang sudah berkarir di Freeport selama 20 tahun. Posisinya memecahkan sejarah sebagai orang Papua pertama yang menjadi Direktur di PTFI.

"Dia sebelumnya SVP membawahi CSR Partnership Fun dan Community Development. Dia adalah direktur orang papua asli yang berkarir dari bawah. Ini baru pertama direkturnya orang Papua yang berkarir dari bawah," sebutnya.

Dengan adanya jajaran direksi dan komisaris yang baru, penyelesaian tambang grasberg diharapkan bisa sesuai schedule. Namun saat ditanya kapan waktunya, Arya tidak bisa menjelaskan.

"Tambang itu kan masih dibangun (grasberg), taget kita mereka sesuai dengan schedule sudah bisa menambang nanti. Sekarang baru bikin infrastruktur untuk penambangannya. (Kapan schedule-nya) lupa," sebutnya.

Berikut jajaran Komisaris dan Direksi baru PTFI :
● Presiden Komisaris
Richard C. Adkerson
● Wakil Presiden Komisaris
Orias Petrus Moedak
● Komisaris
Adrianto Machribie, A.M. Fachir, Hinsa Siburian, Kathleen Lynne Quirk

● Presiden Direktur
Clayton Allen Wenas
● Wakil Presiden Direktur
Jenpino Ngabdi
● Direktur
Achmad Ardianto, Claus Wamafma, Mark Jerome Johnson, Robert Charles Schroeder



Simak Video "Suasana Saat Penembakan di PT Freeport, 1 WNA Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com