Berita Terpopuler Sepekan

Pandemi Corona, Warren Buffet Masih Bisa Beli Perusahaan Gas Rp 140 T

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 12 Jul 2020 22:00 WIB
Warren Buffett
Foto: Reuters
Jakarta -

Pandemi COVID-19 yang telah menghantam dunia usaha, ternyata tidak mempengaruhi Konglomerat Warren Buffett untuk berinvestasi. Kali ini dia menghabiskan Rp 140 triliun untuk membeli sebuah perusahaan gas.

Mengutip CNBC, Minggu (10/7/2020), Warren Buffett membeli transmisi gas dan aset penyimpanan dari Dominion Energy senilai US$ 4 miliar. Selain itu terdapat asumsi utang US$ 5,7 miliar dalam kesepakatan itu, sehingga total transaksi hampir US$ 10 miliar atau setara Rp 140 triliun (kurs Rp 14.000).

Warren Buffett membeli aset gas tersebut melalui perusahaan investasinya, Berkshire Hathaway. Aksin ini merupakan investasi besar pertama dari perusahaan sejak pandemi COVID-19. Bagi Berkshire, langkah ini meningkatkan portofolio perusahaan dalam bisnis gas alam.

Berkshire Hathaway Energy akan membawa 18% dari semua transmisi gas alam antar negara di Amerika Serikat, naik dari 8% pada saat ini.

Pada pertemuan pemegang saham tahunannya di bulan Mei, Buffett mengungkapkan bahwa Berkshire telah membangun rekor penimbunan uang tunai US$ 137 miliar karena pasar keuangan merosot, dan dia belum melihat banyak kesepakatan yang menguntungkan.

"Kami belum melakukan apa-apa karena kami tidak melihat sesuatu yang menarik untuk dilakukan," kata Buffett pada saat itu.

"Jika kami benar-benar menyukai apa yang kami lihat, kami akan melakukannya, dan itu akan terjadi suatu hari nanti," kata Buffett.

Selanjutnya
Halaman
1 2