Penerjun Payung Tersangkut Kabel Listrik saat HUT RI, Pasokan Aman?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 18 Agu 2020 14:40 WIB
Penerjun Payung Tersangkut Kabel Tegangan Tinggi
Foto: Screenshot Video PLN
Jakarta -

Kejadian tak terduga terjadi pada saat peringatan hari kemerdekaan Indonesia ke-75 tahun di Tomohon, Sulawesi Utara. Dalam atraksi terjun payung di Lapangan Rindam XIII Tomohon, ada salah satu penerjun payung yang tersangkut kabel.

Penerjun payung itu tersangkut pada Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 70 kiloVolt Tomohon-Tasikria T13-14. Dari video yang diberikan PLN, parasut yang digunakan oleh penerjun tersebut tersangkut di kabel.

Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN Agung Murdifi memastikan meskipun ada kejadian penerjun yang tersangkut, pasokan listrik PLN tidak terganggu.

"PLN juga memastikan kejadian tersebut tidak mengganggu pasokan listrik kepada pelanggan," kata Murdifi lewat keterangannya yang diterima detikcom, Selasa (18/8/2020).

Kejadian penerjun yang tersangkut kabel ini terjadi Senin (17/8/2020). Sang penerjun pun tergantung di ketinggian dengan kondisi tersangkut di kabel bertegangan tinggi.

Beruntung tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) Tegangan Tinggi PLN UPT Manado berhasil melakukan evakuasi untuk menyelamatkan penerjun tersebut.

Akhirnya, dalam waktu kurang dari dua jam penerjun itu bisa diselamatkan. Keadaannya pun selamat dan sehat saat berhasil dievakuasi.



Simak Video "Pasukan Elit Inggris Dikerahkan ke Ukraina"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)