Hore! Warga Pulau Kambunong Kini Sudah Dapat Nikmati Listrik

Abdy Febriady - detikFinance
Jumat, 21 Agu 2020 21:18 WIB
Perajin Mandau di Desa Tiwei Kalimantan Timur (Kaltim) bakal semringah karena listrik akan masuk di desa mereka. Yuk lihat foto-fotonya.
Ilustrasi Foto: Dok. PLN
Mamuju -

Warga Pulau Kambunong, Kecamatan Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah, kini bisa tersenyum bahagia. Pasalnya, jaringan listrik menerangi desa mereka.

Selesainya pembangunan jaringan listrik perdesaan di pulau tersebut, diresmikan Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar, Kamis (20/08/20).

Salah satu warga Pulau Kambunong, Nurisman, menyatakan terima kasih kepada Pemprov Sulbar yang disebut telah menghadirkan cahaya bagi warga setempat. Dengan tersedianya listrik, katanya, akan memudahkan masyarakat dalam kegiatan usaha sebagai petani rumput laut. "Kami sangat mengharapkan juga perhatian untuk membantu pengolahan rumput laut," kata Nurisman dalam dialog bersama Gubernur Sulbar dan rombongan.

Sementara itu, Gubernur Ali Baal Masdar mengatakan, pembangunan listrik perdesaan di Pulau Kambunong dan desa lain, adalah komitmen Pemprov Sulbar untuk melakukan upaya terbaik mewujudkan ketersediaan energi yang berkeadilan bagi masyarakat pedesaan dan di wilayah kepulauan, " Kita berharap, dalam waktu tidak terlalu lama jaringan listrik dapat menjangkau semua desa dan dinikmati semua lapisan masyarakat dengan tarif yang terjangkau", ungkapnya.

Diakui Ali Baal, keberadaan jaringan listrik akan memperlancar kegiatan usaha masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan, serta menunjang percepatan pertumbuhan ekonomi di daerah ini, " Dengan tersedianya listrik, akan lebih memudahkan masyarakat melakukan berbagai kegiatan usaha, termasuk di bidang kepariwisataan," ujar mantan Bupati Polewali Mandar 2 Periode.

Menanggapi permintaan masyarakat mengenai pengolahan rumput laut di pulau berpenduduk 112 kepala keluarga, Gubernur Ali Baal berjanji akan mendatangkan pengusaha dari Jakarta untuk membangun pabrik pengolahan rumput laut, " Saya akan mendatangkan pengusaha dari Jakarta membangun pabrik, supaya nantinya rumput laut yang dihasilkan masyarakat bisa langsung diekspor," pungkas Ali Baal disambut tepuk tangan warga.

Pada kesempatan sama, Sekda Mamuju Tengah Askari Anwar mengatakan, pembangunan listrik perdesaan di Pulau Kambunong merupakan berkah bagi warga setempat karena sudah bisa menikmati cahaya listrik. Peresmian yang dilakukan Gubernur Ali Baal Masdar yang dihadiri Forkopimda Sulbar, katanya, merupakan berkah tersendiri juga bagi warga Pulau Kambunong, " Yang hadir di sini para bintang Provinsi Sulawesi Sulbar," komentar Askari.

Kepala Dinas Energi Sumber daya Mineral Provinsi Sulbar, Amri Ekasakti mengatakan, pembangunan jaringan listrik perdesaan di Pulau Kambunong, merupakan kerjasama Pemprov dengan PT PLN (Persero) dengan biaya Rp1 Miliar. Pemasangan tiang listrik di tengah laut oleh Pemprov melalui Dinas ESDM. Sedangkan pemasangan Jaringan Tegangan Menengah (JTM) dan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) oleh PT PLN (Persero).

Forkopimda yang hadir mendampingi Gubernur, Kapolda Sulbar Iren Pol. Eko Budi Sampurno, Danrem 142 Taroada Tarogau Brigjen TNI Firman Dahlan, dan Kajati Sulbar Jhony Manurung. Hadir juga Kabinda Sulbar bersama sejumlah pejabat Pemprov Sulbar.



Simak Video "Akhir Tahun 2021, Kenya Akan Rilis 50 Bus Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)