Pertamina Tegaskan Masih Salurkan Premium

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 17 Sep 2020 15:59 WIB
Mulai hari ini berbagai harga BBM turun serentak, mulai dari bensin premium, solar, Pertamax hingga Pertalite. Harga premium di wilayah Jawa-Madura-Bali turun dari Rp 7.400/liter jadi Rp 7.050/liter.
SPBU Pertamina/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Harga BBM jenis Pertalite di Tangerang Selatan didiskon setara Premium. Harga Pertalite yang tadinya Rp 7.650 per liter, menjadi RP 6.450 per liter. Diskon ini juga sudah berlaku di Denpasar, Bali.

PT Pertamina (Persero) menegaskan pihaknya akan tetap menyalurkan BBM jenis Premium meskipun diskon Pertalite diberlakukan. VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan Premium adalah BBM penugasan pemerintah, maka akan tetap disalurkan Pertamina. Pertamina akan berhenti menyalurkan Premium apabila diminta pemerintah pusat maupun daerah.

"Premium adalah BBM penugasan dari pemerintah, sepanjang penugasan tersebut masih ada, maka kami tetap menyalurkan sesuai kuota dan sesuai aturan yang berlaku dengan sebaik-baiknya. Kecuali ada permintaan lain dari dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah," kata Fajriyah kepada detikcom, Kamis (17/9/2020).

Dia juga mengklaim di Denpasar dan Tangerang Selatan yang menerapkan diskon Pertalite, Pertamina juga tetap menyalurkan Premium.

"Di Denpasar maupun di Tangsel, saat ini pun masih tetap beredar Premium," ungkap Fajriyah.

Namun, dari penelusuran detikcom, di beberapa SPBU pada bilangan Pondok Cabe Raya pada Kamis pagi, Premium tidak lagi dijual seiring dengan berjalannya program diskon Pertalite seharga Premium.

Hamid, salah satu petugas pengisi BBM di SPBU yang berada di Cirendeu mengatakan selama program diskon ini berlangsung, pihaknya tidak menjual Premium.

"Nggak ada Premium kan udah ada program ini, kita nggak tahu sih habis November masih begini apa nggak," kata Hamid saat ditemui detikcom.

Premium juga tidak lagi dijual di SPBU yang berada di samping Perumahan South City. Menurut salah satu petugas pengisian BBM, Risna, sudah ada Pertalite yang menggantikan Premium.

"Premium nggak dijual dulu, sudah ada Pertalite, kan harganya sama aja sama Premium mending Pertalite," kata Risna.

(ara/ara)