Pertalite Didiskon di Tangsel dan Denpasar, Daerah Lain Kapan?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 17 Sep 2020 16:30 WIB
PT Pertamina (Persero) sudah siap untuk menjual produk bensin terbarunya yakni Pertalite. Bensin RON 90 ini akan dijual pertamakali di SPBU Coco, Abdul Muis, Jakarta pada Jumat (24/7/2015) mendatang. Petugas beraktivitas di SPBU Coco, Abdul Muis, Jakarta, Selasa (21/7/2015). Pada Jumat (24/7/2015) mendatang, SPBU ini siap menjual Pertalite RON 90.  Hasan Al Habshy/detikcom.
Ilustrasi/Foto: Hasan Al Habshy
Jakarta -

Pertamina meluncurkan program diskon Pertalite seharga Premium. Harga Pertalite yang tadinya Rp 7.650 per liter menjadi RP 6.450 per liter

Diskon ini sudah berlaku di Denpasar dan Bali. Lalu apakah Pertamina akan melebarkan program ini secara nasional?

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan hingga kini belum ada daerah lain yang akan menerapkan program serupa. Menurutnya, untuk mendapatkan diskon Pertalite, pemerintah daerah setempat harus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Pertamina.

Pasalnya, program diskon yang sudah dilakukan pada dasarnya hanya mendukung program utama pemerintah daerah.

"Sampai saat ini baru di Tangsel dan Denpasar. Untuk daerah lain, masih diperlukan komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah daerah setempat karena pada dasarnya, ini adalah program edukasi Pertamina untuk mendukung program pemerintah daerah tersebut," ujar Fajriyah kepada detikcom, Kamis (17/9/2020).

Misalnya, program diskon Pertalite di Denpasar tujuannya untuk mendukung program pemerintah Bali untuk mencanangkan Denpasar untuk menjadi smart city. Begitu juga di Tangsel, diskon Pertalite diberlakukan demi mendukung program Pemkot Tangsel untuk menjadi kota yang asri.

"Seperti misalnya di Denpasar adalah untuk mendukung program pemerintah Bali yang mencanangkan Denpasar sebagai Smart City dan juga Tangsel untuk mewujudkan visinya menjadi kota yang asri," kata Fajriyah.

Sementara itu, CEO Commercial & Trading Subholding Pertamina Mas'ud Khamid mengatakan, promo diskon Pertalite ini akan menyasar pada wilayah yang penggunaan bahan bakar Premiumnya masih tinggi.

"Jadi kita promo-promo itu kita pilih lokasi yang penggunaan Premiumnya masih tinggi tetapi secara daya beli bagus," katanya di Kompleks DPR Jakarta, Rabu (18/9/2020).

Dia mengatakan diskon sudah diberikan di Denpasar dan Tangerang Selatan. Kemudian, program ini masih akan menyasar kota besar di Pulau Jawa dan kemudian berlanjut hingga Sumatera.

(ara/ara)