Pertalite Bakal Dijual Seharga Premium di Seluruh Pulau Jawa

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 05 Okt 2020 17:11 WIB
Penerapan biodiesel 20% alias B20 semua sektor telah dimulai per 1 September 2018 kemarin. Lihat salah satu penampakan penjualannya di SPBU di Jakarta.
Foto: Achmad Dwi Afriyadi
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) bakal menjual Pertalite seharga Premium di seluruh Pulau Jawa. Itu merupakan program yang bertujuan untuk membuat konsumen beralih dari Premium ke Pertalite.

CEO Commercial & Trading Subholding Pertamina Mas'ud Khamid menjelaskan program tersebut sudah lebih dulu dijalankan di Bali dan Tangerang Selatan.

"Kami meluncurkan program Langit Biru, yaitu program dengan memberikan diskon Pertalite seharga Premium untuk 2 bulan pertama," kata dia dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI, Senin (5/10/2020).

Kemudian, 2 bulan berikutnya diskon dikurangi Rp 400, dan 2 bulan berikutnya diskon dikurangi lagi Rp 400 sambil dilihat apakah terjadi migrasi lagi dari pengguna Pertalite ke Premium.

Nantinya, program tersebut akan dilaksanakan pula di Pulau Jawa dan Sumatera.

"Kedepan nanti seiring dengan arahan dari Kementerian, kami akan masuk seluruh Jawa. Jadi Jawa-Bali akan kita geber dulu, selanjutnya akan masuk ke wilayah Sumatera yaitu Sumbar, Palembang dan seterusnya," jelasnya.

Dia menjelaskan kriteria kota yang dipilih untuk program Langit Biru, pertama adalah kota-kota yang punya daya beli yang cukup untuk membeli BBM yang lebih tinggi. Kriteria yang kedua adalah kota-kota yang konsumsi Premiumnya masih sangat tinggi.

Pertalite seharga Premium pun tak diberikan kepada seluruh kendaraan. Ada kriteria yang ditetapkan oleh Pertamina sebagai penikmat diskon tersebut.

"Yang berhak mendapatkan Pertalite harga sama dengan Premium adalah, satu motor, seluruh motor. Kedepannya motor CC besar mungkin kami kurangi. Yang kedua adalah seluruh angkot plat kuning. Yang ketiga adalah seluruh taksi plat kuning. Nah mobil-mobil di luar itu tetap mendapatkan Pertalite harga normal," tambahnya.

(toy/dna)