Nasib Proyek Pipa Gas Cirebon-Semarang Dibahas Pekan Depan

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 08 Okt 2020 15:33 WIB
Pengerjaan pipa gas PGN di Bandar Lampung-Lampung
Ilustrasi/Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance
Jakarta -

Kelanjutan proyek gas transmisi Cirebon-Semarang (Cisem) akan dibahas Komite BPH Migas Senin pekan depan. PT Rekayasa Industri (Rekind) yang seharusnya menggarap proyek ini baru saja menyatakan mundur.

"Iya, suratnya (mundur) sudah sudah diterima, Senin kita akan rapatkan akan dibahas di Komite BPH Migas, apa nanti keputusannya," kata Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa kepada detikcom, Kamis (8/10/2020).

"Apa pun hasilnya tunggu aja nanti hasil rapat. Nanti sidang komite, kita tetapkan nanti, penyikapan BPH Migas," sambungnya.

Fanshurullah enggan berkomentar lebih jauh soal opsi apa yang akan ditempuh. Sebab, setiap anggota komite punya hak yang sama dalam berpendapat.

"Saya no comment, karena 9 komite punya hak yang sama berpendapat," sambungnya.

Ia juga tak berkomentar banyak mengenai keputusan Rekind mundur dari Proyek Strategis Nasional (PSN) ini. Dia bilang, yang pasti Direktur Utama Rekind pernah menyatakan sanggup untuk melanjutkan proyek tersebut.

"Tanyalah sama Rekind-nya, kan kita acuannya dulu bulan Januari ada surat pernyataan Direktur Utama Rekind-nya menyatakan sanggup di atas materai bahwa mau melanjutkan," ujarnya.

(acd/eds)