Berkali-kali Listrik di Jakarta Padam, Pengusaha Minta PLN Berbenah

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 01 Des 2020 11:57 WIB
ilustrasi mati listrik
Ilustrasi/Foto: iStock
Jakarta -

Jakarta beberapa kali dilanda listrik padam. Terparah adalah padamnya listrik pada Agustus 2019 yang membuat sebagian Pulau Jawa termasuk Jakarta gelap gulita.

Lalu, Jakarta dan sekitarnya kembali padam pada1 November 2020 lalu. Dan terbaru, pada hari ini listrik kembali padam di sebagian wilayah Jakarta Selatan (Jaksel). Atas kejadian berulang itu, pengusaha meminta PT PLN (Persero) berbenah.

"Ini kalau ini sampai berulang seperti ini, nah ini kan yang kita pertanyakan adalah PLN-nya dong, karena ini menyangkut daripada kebutuhan hajat orang banyak," kata Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang saat dihubungi detikcom, Selasa (1/12/2020).

Dia menjelaskan bahwa pemeliharaan fasilitas kelistrikan PLN harus terus ditingkatkan. Sebab, selain sebagai penunjang kehidupan masyarakat, listrik juga menjadi penopang perekonomian.

"Karena energi listrik ini merupakan bagian tidak terpisahkan daripada kehidupan kita apalagi dunia usaha. Ketergantungan kita sama listrik ini kan luar biasa, dan keberadaan energi listrik ini menjadi sesuatu daya tarik bagi investor. Jadi, ini artinya sangat strategis," paparnya.

Diharapkan pemadaman listrik seperti hari ini tidak terulang di kemudian hari, tentunya dengan peningkatan manajemen di PLN.

"Nah, jadi manajemen PLN ke depan ini bagaimana supaya maintenance, perawatan supaya tidak terjadi pemadaman seperti ini, kasus seperti ini, itu menjadi suatu perhatian yang kita harapkan sebagai konsumen ke depan," tambahnya.

(toy/eds)