PLN Punya Aplikasi! Bayar Listrik hingga Tambah Daya Bisa Lewat Hape

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 20 Des 2020 16:42 WIB
Peluncuran PLN Mobile
Foto: Peluncuran PLN Mobile (Anisa Indraini/detikcom)
Jakarta -

PT PLN (Persero) resmi meluncurkan aplikasi New PLN Mobile. Kini untuk memenuhi kebutuhan layanan listrik bisa semakin mudah hanya lewat satu aplikasi.

Wakil Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan aplikasi ini memperbarui aplikasi yang lama dengan fitur yang semakin lengkap. Diharapkan masyarakat semakin mudah dan terbantu dengan adanya aplikasi ini.

"Semoga dengan adanya New PLN Mobile tingkat kepuasan masyarakat terhadap PLN akan semakin meningkat," kata Darmawan dalam konferensi pers 'Launching New PLN Mobile' di Kantor PLN Pusat, Jakarta Selatan, Minggu (20/12/2020).

Ada 9 fitur yang disediakan di aplikasi New PLN Mobile yakni sebagai berikut:

1. Bisa bayar token dan tagihan listrik

Tersedia pilihan jenis pembayaran mulai dari 4 jenis bank seperti Mandiri, BRI, BNI dan BCA, bisa juga melalui fintech seperti LinkAja, Gopay dan OVO. Bagi pelanggan kartu kredit, tersedia untuk pelanggan Visa dan MasterCard.

"Sekarang (pelanggan) bisa membeli token dan membayar tagihan, dulu belum ada," ucap Darmawan.

2. Fitur untuk notifikasi tagihan

3. Bisa catat meter mandiri

Setiap tanggal 24-27 pelanggan bisa mencatat meter sendiri, nantinya setiap tanggal 1 akan muncul tagihan di menu pembayaran tagihan untuk kemudian bisa langsung dibayarkan.

"Dulu kita harus mengerahkan petugas kita datang ke lokasi masing-masing, saat ini pelanggan bisa melakukan itu secara mandiri gar punya kendali bagaimana memonitor secara masing-masing," imbuhnya.

4. Bisa memonitor pemakaian paskabayar pada bulan-bulan sebelumnya.

5. Bisa ubah daya

6. Bisa memonitor pembelian token

7. Pengaduan

Selain lewat call center 123, saat ini pelanggan bisa melakukan pengaduan lewat aplikasi New PLN Mobile. Dengan begini diharapkan pengaduan yang masuk bisa dengan sigap direspons dan didatangi langsung oleh petugas dari lokasi terdekat karena data pelanggan sudah diketahui saat baru registrasi aplikasi ini.

"Bedanya dengan call center 123, begitu pelanggan memasang New PLN Mobile kita sudah tahu pelanggan tersebut ID-nya. Ini akan langsung terhubung ke aplikasinya tanpa adanya human intervention. Ini bisa mengurangi beban telepon pengaduan call center ke 123," jelasnya.

8. Informasi Progres Penyelesaian Gangguan

9. Notifikasi Padam dan Pemeliharaan

Jika ada pemadaman atau pemeliharaan listrik, pelanggan akan mendapat notifikasi Lewat aplikasi 'New PLN Mobile'. Namun, khusus fitur ini baru bisa dinikmati oleh pelanggan di Jawa, Madura dan Bali (Jamali).

Aplikasi ini sudah tersedia secara gratis di Play Store dan App Store. Selamat mencoba!

(dna/dna)