Listrik di Pondok Cabe Sempat Mati, Ini Penyebabnya

Soraya Novika - detikFinance
Sabtu, 13 Feb 2021 20:30 WIB
Pemadaman listrik massal yang terjadi di Jakarta dan Jawa Barat gegerkan masyarakat. Selain Jakarta, beberapa kota dan negara ini juga pernah alami hal serupa.
Foto: Dok. Getty Images
Jakarta -

Listrik di wilayah Pondok Cabe, Tangerang Selatan dikabarkan sempat padam sore tadi. Beberapa masyarakat yang tinggal di sekitar daerah tersebut langsung mengadukan kendala tadi ke akun Twitter Resmi PLN.

"@pln_123 dear tim pln kenapa mati lampu di daerah pondok cabe udik, pamulang?" cuit seorang netizen.

"@pln_123 min daerah modernhill pondok cabe kok mati lampu??" cuit netizen lainya.

detikcom berupaya mengkonfirmasi hal tersebut langsung kepada pihak PLN. Humas PLN Disjaya, Dita Artsana mengakui memang tadi listrik wilayah itu sempat padam. Namun, kini sudah normal kembali.

"Pondok Cabe terakhir yang tercatat padam, jam 17.33 sudah menyala," ujar Dita kepada detikcom.

Dita menjelaskan Listrik di Pondok Cabe padam karena ada gangguan temporer. Sayangnya, Dita tak menjelaskan lebih lanjut gangguan temporer apa yang terjadi di sana. "Karena gangguan temporer," tambahnya.

Sedangkan, mengutip balasan akun resmi @pln_123 dapat diketahui gangguan temporer yang dimaksud berupa gangguan pada jaringan tegangan menengah.

"Atas ketidaknyamanannya admin mohon maaf ya Kak Nurahayu, berdasarkan data kami untuk padam diwilayah Pondok Cabe dikarenakan gangguan pada jaringan tegangan menengah. Diupayakan penormalan secepatnya agar segera normal kembali.

Terima kasih. -Ichsan," cuit PLN membalas salah seorang netizen.

Secara umum, mengutip dari akun Instagram @pln_disjaya ada 2 faktor penyebab listrik bisa padam. Pertama, karena sedang ada pemeliharaan jaringan listrik untuk kenyamanan dan peningkatan keandalan listrik. Namun, biasanya PLN akan lebih dulu memberi tahu pelanggan bila akan melakukan pemeliharaan jaringan listrik.

Kedua, karena adanya gangguan tak terduga yang mengganggu jaringan Listrik. Biasanya disebabkan oleh faktor eksternal seperti kejadian alam, adanya layang-layang atau baliho dan umbul-umbul yang mengenai jaringan listrik.

(fdl/fdl)