Listrik di Pondok Ranji Padam, Ini Penyebabnya

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 14 Feb 2021 16:46 WIB
power failure Concept
Foto: iStock
Jakarta -

Listrik di wilayah Pondok Ranji, Ciputat Timur, Tangerang Selatan sedang padam. Masyarakat yang tinggal di sekitar daerah tersebut langsung mengadukan ke akun Twitter Resmi PLN.

"@pln_123 ini daerah pondok ranji knapa listriknya padam? Udh 2 jam," keluh salah satu netizen dikutip detikcom, Minggu (14/2/2021).

Menanggapi itu, Humas PLN Disjaya Dita Artsana mengatakan pemadaman terjadi karena adanya pekerjaan penurunan saluran udara tegangan menengah (SUTM) ke bawah tanah untuk mendukung pelebaran jalan di daerah sekitar.

"Padam di Pondok Ranji, di kampung Utan karena pekerjaan penurunan SUTM ke bawah tanah untuk mendukung proyek pelebaran jalan yang akan dilakukan Pemkot Tangsel," kata Dita.

Hingga berita ini ditulis, pemadaman listrik di daerah Pondok Ranji masih berlangsung. Listrik diprediksi akan kembali nyala sekitar pukul 16.30 WIB.

"Sekarang masih padam. Nyala nanti jam 16.30 WIB," tuturnya.

Mengutip dari akun Instagram @pln_disjaya, ada 2 faktor penyebab listrik bisa padam. Pertama, karena sedang ada pemeliharaan jaringan listrik untuk kenyamanan dan peningkatan keandalan listrik. Namun, biasanya PLN akan lebih dulu memberi tahu pelanggan bila akan melakukan pemeliharaan jaringan listrik.

Kedua, karena adanya gangguan tak terduga yang mengganggu jaringan Listrik. Biasanya disebabkan oleh faktor eksternal seperti kejadian alam, adanya layang-layang atau baliho dan umbul-umbul yang mengenai jaringan listrik.

Saksikan juga 'Diduga Korsleting Listrik, Gereja di Buol Terbakar':

[Gambas:Video 20detik]



(aid/dna)