Investigasi Kebakaran Kilang Balongan, Pertamina Libatkan Asing

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 05 Apr 2021 16:25 WIB
Kebakaran terjadi di kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3) lalu. Yuk lihat lagi Kilang Balongan sebelum dan saat terbakar.
Foto: Antara Foto/Dedhez Anggara
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) tengah melakukan investigasi untuk mencari penyebab kebakaran di Kilang Balongan, Jawa Barat. Investigasi ini melibatkan dua kelompok tim yakni internal dan eksternal.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, tim eksternal yang terlibat terdiri dari aparat penegak hukum hingga tim ahli dari luar negeri.

"Terkait penyebab terjadinya insiden ini masih dilakukan investigasi, jadi timnya, tim gabungan ada tim internal dan tim eksternal," katanya dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII, Senin (5/4/2021).

"Tim eksternal ada dari aparat penegak hukum dan tim ahli baik dalam maupun luar negeri," tambahnya.

Dia bilang, pihaknya membuka ruang seluas-luasnya tim investigasi untuk masuk. Meski begitu, tim investigasi baru bisa masuk saat kondisi sudah aman.

"Karena waktu di awal kami sudah berhasil mematikan apinya, namun 2 hari kemudian ada lagi timbul sedikit karena ada BBM yang masih ke-trap di bawahnya sehingga kami lakukan upaya dengan berbagai cara dan dilanjutkan dengan pendinginan," katanya.

(acd/zlf)