Nah Lho! Ada 34 Proyek Pembangkit Listrik Mangkrak

Hendra Kusuma - detikFinance
Kamis, 27 Mei 2021 20:15 WIB
Para pembicara dalam diskusi kendaraan listrik yang diadakan detikcom dan CNN Indonesia.   Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Rida Mulyana Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Putu Juli Ardika Sekjen Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) Kukuh Kumara, Sekjen Asosiasi Industri sepedamotor Indonesia (AISI) Hari Budianto. (Foto: Ari Saputra)
Dirjen Ketenagalistrikan Rida Mulyana/Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM menyebut hingga saat ini masih ada 34 pembangunan pembangkit listrik yang mangkrak. Angka tersebut masih belum berubah seperti yang diungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tahun 2016.

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana mengatakan pembangkit listrik yang mangkrak ini total kapasitasnya mencapai 627,8 MW yang berasal dari program 7 GW terdiri dari 19 proyek berkapasitas 418,8 MW dan reguler yang terdiri dari 15 proyek berkapasitas 209 MW.

"Pembangkit listrik mangkrak, sejarahnya kenapa ada yang belum selesai totalnya 34 atau mangkrak, itu kurang lebih 627,8 MW," kata Rida dalam RDP dengan Komisi VII DPR, Senin (27/5/2021).

Dari 34 proyek mangkrak ini, Rida menyebut saat ini ada tujuh pembangkit listrik yang sudah commercial operation date (COD) dengan total kapasitas 114 MW. Seluruh pembangkit yang COD masuk ke dalam program 7 GW.

Sementara 15 proyek lainnya, dikatakan Rida statusnya dilanjutkan. Sebanyak 15 proyek ini total kapasitasnya 336,8 MW, di mana sebarannya sebanyak tiga proyek di Kota Baru, Bengkayang, dan Pantai Kura-kura sudah ada dokumen legal opinion dari Kejaksaan.

Selanjutnya ada 12 proyek pembangkit diterminasi dan diganti proyek lain, total kapasitas proyek ini mencapai 177 MW. Adapun rinciannya, PLTMG 80 MW, PLTD tersebar 6 MW, transmisi dan gardu induk. Lalu PLTU Waai Ambon 2x15 MW sedang proses penyidikan sehingga berpotensi diterminasi.

"Intinya tadi tidak menjadi pembangkit lagi, proyek lagi itu ada 12. Jadi yang menjadi fokus, mana yang masih menjadi isu itu yang di tengah yang dilanjutkan, asas manfaat seperti itu, dan itu yang menjadi konsen kapan daerah itu bisa berlistrik itu sebanyak 15 projek dan kapasitas 336,8 Mw," ungkapnya.

(hek/ara)