Kilang Pertamina Berulang Kali Kebakaran, Ahok Minta Ada Pemecatan

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 17 Jun 2021 11:21 WIB
Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok meluncurkan buku Panggil Saya BTP di Gedung Tempo, Palmerah, Jakarta Selatan, Senin (17/2/2020).
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Dua fasilitas kilang milik PT Pertamina (Persero) kebakaran dalam waktu berdekatan, mulai dari Kilang Balongan di Jawa Barat hingga Kilang Cilacap di Jawa Tengah.

Atas rentetan peristiwa tersebut, Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok meminta agar pihak yang bertanggung jawab dipecat.

"Iya (saya menyarankan dilakukan pemecatan)," kata Ahok saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (17/6/2021).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan sudah menyampaikan usulan pemecatan ke Dirut Pertamina Nicke Widyawati. Lebih lanjut mengenai hal tersebut, Ahok menyerahkan ke direksi.

"Sudah sampaikan ke dirut. Silahkan ke manajemen karena yang eksekusi di direksi bukan Dekom (dewan komisaris)," tambah Ahok.

Diketahui, salah satu tangki di area kilang Pertamina RU IV Cilacap kebakaran pada Jumat (11/6) malam. Kebakaran itu terjadi di tangki 205 area 39 Pertamina yang memproduksi benzene.

Sebelum kasus itu, publik juga dihebohkan oleh insiden kebakaran di area Kilang Balongan. Kebakaran yang terjadi pada Senin, 29 Maret 2021 itu terjadi pada tangki T-301G.

Lihat Video: Kebakaran di Tangki Kilang Cilacap Pertamina Dinyatakan Padam

[Gambas:Video 20detik]



(toy/eds)