Begini Cara Genjot Pengembangan Energi Alternatif di RI

Tim detikcom - detikFinance
Jumat, 10 Sep 2021 12:28 WIB
Harga Minyak Anjlok
Begini Cara Genjot Pengembangan Energi Alternatif di RI

Pada tahun ini, Shell menerima lebih dari 200 pendaftaran proposal bisnis dari berbagai tim di 24 provinsi di Indonesia. Tim-tim yang terpilih kemudian mengikuti kegiatan Bootcamp selama periode Maret hingga Mei 2021, dimana mereka menjalani rangkaian kegiatan pembekalan kapasitas bisnis, manajemen dan teknis yang diselenggarakan oleh Center for Innovation, Entrepreneurship and Leadership (CIEL), Sekolah Bisnis & Manajemen ITB sebagai mitra program Shell LiveWIRE Energy Solutions. Secara reguler, tim-tim juga mendapatkan kesempatan mentoring dengan pelaku-pelaku bisnis EBT yang sesuai dengan ide atau bisnis EBT yang mereka daftarkan dalam Shell LiveWIRE Energy Solutions 2021. Rangkaian kegiatan Bootcamp ini juga merupakan wadah seleksi bagi tim-tim peserta.

Setelah melalui Bootcamp, 10 tim finalis terpilih masuk ke tahap final dan mempresentasikan bisnis EBT yang mereka gagas di hadapan Dewan Juri secara virtual. Bersamaan dengan kegiatan webinar, dalam seremoni penganugerahan penghargaan Shell LiveWIRE Energy Solutions 2021, Dewan Juri mengumumkan Powerbrain Automasi Energi, Nadi Surya dan HUNIFLEX sebagai tim pemenang pertama, kedua dan ketiga kompetisi ini. Tim-tim pemenang berhak mendapatkan pendanaan dari Shell Indonesia masing-masing senilai 125 juta, 50 juta dan 30 juta rupiah untuk dimanfaatkan bagi pengembangan ide dan bisnis.

Pada tahun ini, Shell LiveWIRE Energy Solutions diselenggarakan secara virtual untuk mendukung upaya Pemerintah Indonesia dalam mencegah potensi penyebaran COVID-19. Meskipun dalam situasi pandemi, melalui program Shell LiveWIRE Energy Solutions, Shell tetap berkomitmen mendampingi para wirausahawan muda untuk mewujudkan visi bisnis energi berkelanjutan. Selain itu, kegiatan ini juga memperkokoh posisi Shell LiveWIRE sebagai wadah atau platform kewirausahaan energi secara keseluruhan termasuk EBT untuk generasi muda Indonesia.
.



Simak Video "Jawa Barat Kembangkan Energi Alternatif Ramah Lingkungan"
[Gambas:Video 20detik]

(fdl/fdl)