Bos Pertamina Tepis Kebakaran Tangki Balongan Akal-akalan Impor BBM

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 29 Sep 2021 17:41 WIB
Kebakaran terjadi di kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3) lalu. Yuk lihat lagi Kilang Balongan sebelum dan saat terbakar.
Foto: Antara Foto/Dedhez Anggara
Jakarta -

Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati menepis isu bahwa kebakaran di salah satu tangki penyimpanan (storage) BBM di Kilang Balongan pada 29 Maret 2021 adalah akal-akalan untuk melakukan impor BBM. Dia memastikan hal itu tidak benar.

Dia menjelaskan bahwa dalam insiden kebakaran tangki BBM tersebut tidak berdampak terhadap Kilang Balongan. Kilang hanya dinonaktifkan sehari untuk memastikan keamanan.

"Jadi kami hanya shutdown satu hari, di hari berikutnya setelah kami pastikan tidak ada masalah kami on-kan sehingga tidak ada tambahan impor," katanya dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI, Rabu (29/9/2021).

Pihaknya juga sudah menyampaikan ke publik bahwa Pertamina tidak akan melakukan impor imbas kebakaran di tangki Kilang Balongan. Tidak adanya impor sekaligus menepis isu liar yang sempat berkembang.

"Waktu itu kami juga sampaikan ke publik bahwa kami pastikan tidak ada tambahan impor karena kejadian ini sehingga juga ini menepis isu bahwa ini bisa jadi karena, kebakaran terjadi hanya untuk menambah impor, tidak," tegas Nicke.

Pihaknya bahkan siap membeberkan data dan fakta bahwa memang tidak ada impor BBM setelah insiden kebakaran. Tangki yang kebakaran adalah tangki G sehingga pasokan BBM di tangki E, F, G, H segera dialihkan ke tangki lain.

"Jadi kami bisa backup dari produksi dari Kilang Cilacap untuk kebutuhan ini, dan karena produksi kilangnya (Balongan) jalan terus dan kami punya di sebelah dekat situ ada tangki A,B, C, D yang bisa menggantikan tangki E, F, G, H, kami alirkan pakai pipa langsung ke TBBM Balongan. Jadi tidak ada masalah," tambahnya.

Lihat juga video 'Kebakaran di Tangki Kilang Cilacap Pertamina Dinyatakan Padam':

[Gambas:Video 20detik]



(toy/eds)